19 C Jakarta
Saturday 13th April 2024
By SamAzhar

Bahagianya Main Happiness Race di Kota Tua Jakarta Bersama HappyOne.id

vivalova-happiness-race-happyone
Momen-momen Happiness Race


Tahukah Engkau dengan banyak bersyukur
bertambah pula berkah yang akan kau dapatkan?”

Definisi Happy Bagimu?

Ketika ditanya
apa sih definisi bahagia atau ‘happy‘ menurut versi kamu? Jawabannya pasti beraneka
ragam. Ada yang memaknainya dengan berbagi cerita bersama teman, berkumpul
bersama keluarga, bahagia dengan berkarya, baru merasakannya ketika dicintai
dan dihargai bahkan adapula yang bahagia karena belajar dari kesalahan, dengan rajin
memberi dan masih banyak lagi yang lain.


Kalau menurut
saya secara pribadi definisi bahagia itu sesederhana menjadi diri sendiri dan
selalu diberi kesehatan oleh Tuhan. Mungkin bagi sebagian orang arti bahagia
menurut mereka ketika diberikan harta berlimpah dan jabatan strategis di tempat
kerjanya. Padahal itu semua hanyalah titipan dan bersifat sementara di dunia.
Tapi balik lagi kembali pada pribadinya masing-masing.

vivalova-happiness-race-happyone
Loncat kegirangan! Definisi Bahagia yang Sesungguhnya

Padahal manusia
lupa jika bentuk kebahagiaan itu sederhana. Bayangkan ketika kita bangun tidur
dan membuka mata diberi kesempatan menikmati udara secara cuma-cuma. Oksigen
yang kita hirup dan hembuskan selama ini adalah ciptaan dari Dzat yang Maha Kuasa. Bisa dibilang bernapas
merupakan kebahagiaan yang hakiki. Manusia sudah sepatutnya bersyukur sebab
diberikan segalanya dengan lengkap oleh Tuhan. Ingat saat diri kita sehat maka
kita dapat melakukan aktivitas apa saja tanpa hambatan bukan?

Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan wahai
manusia?


Saat akhir pekan
berbeda dengan hari biasanya. Dua hari dalam sepekan kita diberikan dispensasi
untuk rehat dari kesibukan pekerjaan yang menyita waktu kita. Maka itu
pergunakanlah dengan sebaik-baiknya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk
mengisinya. Mulai dari istirahat di rumah, berolahraga hingga pergi ke luar
untuk jalan-jalan.

Oleh karena itu, HappyOne sebagai
terobosan produk perlindungan terpercaya bagi seluruh nasabah setianya selagi akhir pekan tidak ingin
menyia-nyiakan kesempatan yang ada untuk memaknai konsep ‘bahagia’ yang
sesungguhnya dengan cara berbeda dan wujud yang lebih nyata. Berhubung sekarang
ini zamannya kolaborasi dan berinklusi, dengan menggandeng perusahaan media
berbasis newstainment Viva.co.id menggelar event yang
membahagiakan bertajuk Vivalova Happiness Race yang
merupakan kepanjangan dari Viva’s Blogger On Vacation. Jika
disederhanakan Blogger Viva Jalan-Jalan
dan kali ini bertemakan tentang Happiness Race.

vivalova-happiness-race-happyone
Gaya tim 9 saat menyusuri kawasan Pecinan, Petak 9, Glodok (dokpri)
Pada acara yang
dimulai sejak pagi tersebut kita diajak untuk menyusuri kawasan wisata Kota Tua
dan sekitarnya dengan permainan semacam
Amazing Race. Konsep yang diusung
terbilang unik karena dikemas menarik dengan balutan kompetisi sehat namun
tanpa kita sadari lewat acara semacam ini ternyata memiliki tujuan baik lain
selain tentunya bikin kita
happy
antara lain memperoleh banyak pengalaman, pengetahuan dan sensasi tersendiri yang
tak terlupakan. Sisanya sudah tentu ragam hadiah menggiurkan yang telah
disediakan oleh panitia baik secara individu maupun kelompok (
per team). 

Asyiknya lagi dikarenakan event ini diadakan di luar ruangan (outdoor), seluruh peserta tercover perlindungan dari HappyOne.id
tanpa terkecuali. Seperti pepatah, “sedia payung
sebelum hujan”, pihak HappyOne ingin
memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh peserta sekaligus memperkenalkan secara langsung
beberapa produk proteksi yang ditawarkan oleh HappyOne dengan praktik
langsung di lapangan. Ketidakpahaman masyarakat selama ini tentang stigma
konsep asuransi seyogyanya harus terus diedukasi agar terliterasi.

vivalova-happiness-race-happyone
Kafe Historia (dokpri)
Acara yang
berlokasi di Kafe Historia, Kota Tua ini dimulai sejak pukul sepuluh pagi diawali
dengan proses registrasi ulang dan
breakfast
para peserta. Setelah perut terisi agar tidak keroncongan saat mengikuti rangkaian
acara, giliran kepala juga perlu diisi dengan  pengetahuan berupa paparan 
talkshow dari pihak HappyOne terlebih dahulu. Kata sambutan dibuka
oleh pihak HappyOne yaitu Bapak L. Iwan Pranoto selaku
Head of Communication & Event Asuransi Astra serta Ibu Lusi
Liesdiani sebagai
Senior Vice President
Digital Channel
Asuransi Astra. 

Materi yang disampaikan oleh kedua
narasumber cukup jelas, padat namun berisi seputar produk
HappyOne.id seperti HappyMe,
HappyHome, HappyEdu dan HappyTrip.
Pada akhirnya dari situ saya perlahan-lahan memperoleh pencerahan dan mulai
melek asuransi.

The Amazing Viva Lova Happy-ness Race

vivalova-happiness-race-happyone

Tanpa perlu
panjang dikali lebar sama dengan luas acara inti pun dimulai. Segala persiapan
dilakukan temasuk kelengkapan amunisi para peserta race seperti membawa ponsel atau gawainya masing-masing komplit
dengan powerbank, kacamata hitam (sun glasses), sunblock atau tabir surya serta payung atau jas hujan untuk
melindungi para peserta dari cuaca di luar yang serba tidak menentu.

Sebanyak 50
orang peserta dibagi ke dalam 10 kelompok. Jadi 1 tim berjumlah 5 orang. Saya
sendiri berada pada kelompok buncit yaitu masuk ke dalam kelompok 9 dimana
beranggotakan 2 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Setiap 3-4 tim dipandu
oleh seorang travel guide dari
Komunitas Jelajah Jakarta @jktgoodguide

“Tak kenal maka tak sayang, tak sayang
maka ta’aruf”


Hehe. Kami yang sama-sama belum saling mengenal satu sama lain
sebelumnya dipersatukan dalam kelompok tersebut. Kecuali ada seorang laki-laki
yang merupakan teman dekat saya.

Uncle JP
bercerita tentang banyak hal. Cerita yang membekas dalam ingatan saya adalah Kota
Batavia dahulu mahsyur diberi julukan sebagai Mutiara dari Timur. Bangunan
bersejarah masih nampak kokoh berdiri hingga sekarang. Kolonial Belanda
mendirikan bangunan mirip seperti di  negeri Belanda yaitu kota Amsterdam. Pusat kota Batavia dahulu terletak di Stasiun Kota kurang lebih berada 4 meter di atas permukaan laut.

vivalova-happiness-race-happyone
Bangunan arsitektur Kota Tua dengan Ciri Khas bergaya Art Nuovo (dokpri)

Jika
arsitektur Eropa pada masa itu didominasi oleh seni bangunan art deco berbeda yang dimiliki oleh Batavia,
dimana gedung atau hall nya telah memiliki nilai arsitektur yang lebih modern
bergaya Art nuovo. Kita seabagai
warga Jakarta patut berbangga hati sebab pada masanya Batavia menjadi barometer
atau kiblat seni arsitektur dunia. Opa Jimmy menambahkan bahwa ketika Jayakarta
diduduki oleh VOC di bawah kepemimpinan JP Coen yang terkenal serakah dan otoriter
kita diharuskan membayar pajak kepadanya dan dicirikan dengan menaikkan bendera
ke atas tiang. Bayar pajak dahulu bendera baru berkibar kemudian.
  
vivalova-happiness-race-happyone
Kali Besar, salah satu spot menarik di Kawasan Wisata Kota Tua (dokpri)

Pada tahun 1975
di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin barulah sebagian Museum
Fathahilah diresmikan dan kita dapat menikmati deorama indah di kawasan Kota
Tua yang terlihat sekarang.



vivalova-happiness-race-happyone
Dibuang sayang. Ada break ada cekrek (dok. Rry)
Panitia menghimbau kepada seluruh tim agar setiap zona yang
dilalui oleh peserta agar diabadikan dan dibagikan ke Instagram masing-masing. Momen yang terekam merupakan representasi dari keempat produk
perlindungan HappyOne yaitu:

1. HappyMe, berupa foto diri atau selfie
yang menunjukkan ekspresi sedang senang atau
  bahagia. Sebagai potret produk proteksi atau investasi asuransi jiwa terhadap diri sendiri.


vivalova-happiness-race-happyone
HappyMe

2. HappyEdu, berupa foto anak-anak berseragam sekolah atau yang mewakili sosok anak usia sekolah. Sebagai potret produk asuransi pendidikan dari HappyOne.

vivalova-happiness-race-happyone
HappyEdu, cerianya anak-anak bermain sepeda

3. HappyTrip, berupa foto-foto objek wisata selama di Kota Tua yang bertujuan untuk mengajak
teman-teman kenapa harus berkunjung ke sana. Sebagai potret produk asuransi perjalanan dari HappyOne.

vivalova-happiness-race-happyone
HappyTrip
4. HappyHome, berupa foto hall, bangunan atau gedung yang berada di kawasan Kota Tua, yang merupakan potret produk asuransi kerugian atau perlindungan di rumah.

vivalova-happiness-race-happyone
Bangunan dan Gedung di kawasan Kota Tua (dokpri)
Selanjutnya masuk
ke Zona Biru atau area bebas untuk memperoleh amplop yang berisikan petunjuk
atau
clue yang pertama kali termasuk
dibekali uang saku senilai Rp. 100 ribu per timnya. Panitia berpesan habis atau
tidak habis uangnya harus dicukup-cukupkan untuk masuk ke zona berikutnya.
Jarak antar zona sebenarnya tidak terlalu jauh. Kami memutuskan berjalan kaki
dari Gedung Bank BNI hingga ke zona berikutnya meski banyak kelompok lain yang
naik angkot, bajaj hingga ojek online untuk sampai ke lokasi.

vivalova-happiness-race-happyone
Petunjuk pertama di Zona Biru

Cuaca hari itu
kebetulan sedang cerah berawan. Peluh, cucuran keringat dan teriknya matahari
yang menyengat mampu kami lewati. Seakan tak menyurutkan langkah kami menuju ke
beberapa destinasi untuk menemukan petunjuk demi petunjuk. Kami saling bekerja
sama satu sama lain dan menunjukkan kesolidan sehingga fokus tidak terpecah
sedikitpun. Melalui bantuan teknologi mesin pencari Google maps kami larut dalam penggalan teka-teki dan mencoba
menerjemahkan maksut isi pesan tersebut kemudian. Pada setiap pos kami menerima
amplop yang berisikan tantangan dan hadiah yang tak terduga.

Serunya berjalan kaki menyusuri Gang-gang menuju kawasan Pecinan, Glodok
Selama di perjalanan
rupanya tim kami banyak menghabiskan waktu di area sekitar kawasan Pecinan,
Glodok, Jakut. Sesampainya di zona Magenta rupanya kita masuk ke rumah ibadah
banyak etnis Tionghoa, yaitu
“Vihara Dharma Bakti”.
vivalova-happiness-race-happyone
Gaya dulu di depan Gerbang Vihara Dharma Bhakti
Vihara tersebut dapat
digunakan sebagai tempat beribadah tiga pemeluk agama sekaligus di antaranya
penganut Taoisme, Konfuis (Konghucu) serta agama Budha. Selama di sana kita
diminta mencari 18 patung setelah usai kami diberi tantangan untuk menjawab kelima pertanyaan seputar tema acara.

vivalova-happiness-race-happyone
Petunjuk yang diperoleh dari Zona Magenta
Dari kelima soal kami hanya berhasil menjawab 4 pertanyaan dengan benar. Yeay! Berikutnya pindah ke zona Hijau kita diminta untuk
berbelanja manisan atau permen warna-warni yang mencerminkan warna dari produk
HappyOne.

vivalova-happiness-race-happyone
Petunjuk di Zona Kuning
Kemudian masuk
ke zona Kuning kita diminta mencicipi kuliner khas setempat. Di clue dikatakan untuk menyebrangi jembatan hingga bertemu dengan kedai Kopi Es “Tak Kie” di
Gang Gloria. 

vivalova-happiness-race-happyone
Wefie dulu di Kedai Kopi Es Tak Kie
Lalu ke luar gang mencicipi Asinan Shanghai untuk pertama kalinya.
Berhubung dominan anggota di kelompok kami tidak menyukai
seafood (hidangan laut) karena Asinan tersebut berisikan sayur
kangkung dan lobak disertai daging gurita dan cumi yang diberi taburan kacang halus dan diberi
saus atau kuah kental.

vivalova-happiness-race-happyone
Penampakan Asinan Shanghai, kuliner khas kawasan Pecinan, Glodok
Untuk yang sudah terbiasa tak jadi masalah tetapi untuk
yang baru pertama kali mencobanya mungkin butuh penyesuaian di lidah. Blah! Rasanya memang aneh walau segar. Celakanya
tim kami mendapat bonus dari panitia untuk menghabiskan 2 piring sekaligus.

vivalova-happiness-race-happyone
Alhamdulillah terkumpul 4 zona

Terakhir
menikmati tradisi Patekoan yang merupakan minum Teh Pantjoran dengan 8 cangkir bercorak yang telah turun
temurun yang bersimbolkan kebersamaan kemudian membaca kutipan atau kata-kata mutiara. Setelah itu kami rangkaikan keempat warna dari masing-masing zona.
vivalova-happiness-race-happyone
Tadaa.. We did it!
Berjalan kembali ke
tempat semula di Kafe Historia. Akhirnya sampai juga kami di garis
finish. Mission accomplished!  Break ishoma sambil posting sisa keseruan kami
selama di perjalanan ke sosial media. 

vivalova-happiness-race-happyone
Meramu dan Menyajikan Bir Pletok ala #HappyTeam9

Kemudian yang terakhir dilanjutkan dengan
challenge (tantangan) meramu dan
menyajikan bir pletok (minuman khas Betawi) sesuai arahan yang telah
diperagakan oleh salah satu Chef dari kafe tersebut.


vivalova-happiness-race-happyone
So Lucky! #HappyTeam9 Jadi juara ketiga
Alhamdulillah di luar
dugaan kelompok kami, my lucky dream team
9 memperoleh skor sempurna pada tantangan tersebut. Usaha memang tidak mengkhianati hasil. Then voila, tak
tanggung-tanggung dari skor tersebut ikut mengantarkan kami memperoleh juara
ketiga dalam kompetisi Happiness Race. It’s A wrap!

Pentingnya Proteksi Sejak Dini Ala HappyOne.id Biar Makin Happy

Kegiatan
Happiness Race yang diinisiasi oleh HappyOne.id beserta Viva.co.id bukan tanpa
alasan. Hal ini memiliki tujuan yang menyehatkan. Seperti mengutip kalimat,
“Travel is the healthiest addiction”.
Plesir, bepergian atau hijrah merupakan candu yang menyehatkan. HappyOne ingin
mengajak banyak orang untuk mengutamakan kesehatan. Selain itu tidak lengkap
rasanya jika belum mencicipi kuliner dan membeli buah tangan atau oleh-oleh penganan
khas setempat. Dengan berjalan-jalan mengunjungi banyak tempat artinya kita
sudah aktif bergerak. Meregangkan seluruh anggota badan. Tanpa disadari
kegiatan tersebut merupakan
exercise atau olahraga. Manfaat lainnya pandangan
kita jadi lebih luas, pikiran lebih jernih, melemaskan otot-otot dan sendi yang
kaku.
vivalova-happiness-race-happyone
Bahagia dengan bersyukur
Kemudian nafsu
makan bertambah. Walaupun lelah terasa namun terbayar sudah. Ketika badan
terasa letih pasti timbul rasa kantuk. Jam tidur atau waktu istirahat pun semakin teratur. Kualitas hidup meningkat. Sehat itu anugerah dari Tuhan yang
harus kita syukuri. Setiap orang mendambakan untuk selalu sehat. Sebab jika
sudah sakit pasti tidak enak dan terganggu. Sakit itu mahal obatnya. Lebih baik
mencegah daripada mengobati. Rezeki bisa dicari tapi kesehatan harus dimulai
dari diri sendiri. Untuk itulah pentingnya kita menginvestasikan diri kita dan
harta yang kita miliki untuk berjaga-jaga dari hal-hal yang (amit-amit) tidak
diinginkan. Seperti sakit parah, kehilangan harta benda, kecelakaan atau
kehilangan pekerjaan akibat sakit dan hal-hal tidak terduga lainnya.

vivalova-happiness-race-happyone

Nah, sebagai
nasabah kita harus pintar dalam memilih investasi yang tepat dan jangan
asal-asalan atau tergiur bonus ini itu. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan
seperti alasan keamanan, kenyamanan dan kepraktisan tentunya yang memiliki manfaat
baik jangka panjang maupun pendek. Mulai dari detil nominal polis yang
ditawarkan, nilai pertanggungan yang kita terima hingga kemudahan proses klaim.
HappyOne.id hadir menjawab semua kebutuhan tadi. Dari keempat produk unggulan
HappyOne jujur saya memilih produk HappyMe. Apalagi saya yang masih single atau
melajang begini. Mulai dari kcoek 50 ribuan per bulannya saja kita sudah dapat
memiliki bermacam manfaat dan jika ditotal mencapai 29 jutaan rupiah.

vivalova-happiness-race-happyone
Bukti Nomor Polis yang dikirim via e-mail
Untuk proses
pengajuan aplikasi HappyOne sendiri terbilang cepat. Hanya cukup dengan isi biodata
dan tinggal memilih produk asuransi apa yang sesuai dengan kebutuhan kita di
website HappyOne.id hingga tahap akhir. Kemudian dilanjutkan dengan proses
pembayaran polis yang dilakukan dengan dua cara yaitu melalui transaksi
mobile atau e-banking atau secara virtual melalui Permata Me. Setelah semuanya
selesai dan disetujui barulah kita menerima notifikasi berupa nomor e-polis dan
nominal pertanggungan yang kita terima melalui email. Selain itu kita juga
menerima asuransi dalam wujud aseli yang akan kita terima via pos ke rumah.
Paling lama 3 hari polis dalam bentuk
hard
copy
akan kita terima sekaligus asuransi akan otomatis aktif dapat
digunakan.

vivalova-happiness-race-happyone
Hardcopy Polis HappyOne yang dikirim ke rumah
Bahagia rasanya
jika kita bisa berkumpul dengan orang yang kita sayang dan kasihi. Jika sering
bepergian anggap saja cara kita mensyukuri nikmat yang Tuhan beri. Plesir, vakansi
atau bepergian menjadi kegiatan atau hobi yang menyehatkan. Apalagi akan terasa
lebih tenteram lagi dalam menjalani segala hal jika sudah dilengkapi dengan
perlindungan yang tepat. Terselip do’a dan harapan semoga acara Happiness Race
atau sejenis ini dapat meluas hingga kota-kota di seluruh provinsi di
Indonesia agar manfaatnya semakin dapat dirasakan oleh masyarakat secara keseluruhan
hingga ke pelosok negeri. Bukan tidak mungkin seluruh nusantara dari Sabang
sampai Merauke, dari Mianga hingga Pulau Rote peduli terhadap kesehatan demi mendukung program pemerintah
Menuju Indonesia Sehat 2020 dan lebih penting lagi
jadi melek asuransi. Amiin ya Rabbal Alamiin.

Akhir kata Salam
Germas! Let’s enjoy the way of Life.

  • 16 Comments
  • December 1, 2018

Comments

  1. Linz
    December 12, 2018

    Wah..kok asik banget ka jalan-jalannya…challengenya seru banget yaa..keliling kota tua jakarta sambil belajar sejarahnya. Kapan-kapan kita jalan-jalan juga yaaa…^0^

  2. SamAzhar
    December 12, 2018

    Sip. Baiklah. Atur waktu kosongnya yah. Maklum dikau kan sibuk baik saat hari kerja apalagi hari libur. Hihi

  3. Melysa Luthiasari
    January 8, 2019

    Seru banget ini mah permainannya, kayak mencari harta karun. Selamat juga akhirnya tidak sia sia yah, kelompoknya menang.

  4. Naqiyyah Syam
    January 8, 2019

    Jalan-jalan seru banget ya apalagi bareng keluarga, au mau juga jalan-jalan lagi. Waktu ke Kota Tua hanya dengan Aisyah

  5. Sara Neyrhiza
    January 8, 2019

    nyenengin banget ini bisa ekplore kota tua..aduh, jadi pengen belajar sambil mengenal sejarah di sana

  6. Primasari AndiMirati
    January 8, 2019

    aku suka topinya warnawarni gitu.. lucu.. asik ya bisa keliling kota, seseruan ikutan challenge sambil having fun juga dengan teman2 blogger.. sukses selalu ya Om Sam..

  7. Mugniar
    January 8, 2019

    Permainan serunya di luar ruangan dan langsung di-cover asuransi HappyOne, ya. Mantap.
    Keren acaranya.

  8. Suzannita
    January 8, 2019

    Seru banget ya bisa main ke Kota Tua nya bareng teman-teman jadi lebih berasa banget nih keseruannya

  9. Kurnia amelia
    January 8, 2019

    Huaaaa seru banget ya,, duh pernah ke kota tua cuma di lapangan doank ga kemana-mana lagi hehe.

  10. Sally Fauzi
    January 8, 2019

    Ish….ini kok seru banget. Aku bacanya jadi kaya ikutan race beneran. Ikut deg2an juga hahahaha

  11. Aprillia Ekasari
    January 8, 2019

    Aku jg punya lho asuransi HappyOne, jd lbh merasa teproteksi kalau bepergian skrng. Preminya cukup ramah kantung ya 😀

  12. Gita Siwi
    January 8, 2019

    Setuju bahagia itu jadi diri sendiri bukan copas bahagia orang hahaha. Sehat dan tulis. Simple deh. Tapi banyak orang yang bingung dan mencari bahagia lho. Karena banyak yang nggak mau jadi diri sendiri.

  13. Naqiyyah Syam
    January 8, 2019

    Bahagia banget ikut acara kayak gini ya, dapat ilmu dan silaturahmi.

  14. Melysa Luthiasari
    January 8, 2019

    Aku ko liatnya jadi pengen ketawa lebar liat foto2nya. Hahhaha…. Lucu banget sih, emang yah kalo kita happy itu tingkahnya jd kayak anak2. Keren lah kalian.., keren juga ini acaranya.

  15. ria buchari
    January 8, 2019

    Seru bgt nih mas Sam mainnya di Kotu.. itu asik bgt ya bs keliling sekalian wiskul yah, mupeng ihh coba ikut ya
    Btw itu pilihan asuransinya asyik bgt ya aq pilih yg happy home ahh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *