19 C Jakarta
Saturday 13th April 2024
By azharssc

Tips Atasi Perut Begah Saat Buka Puasa dengan Konsumsi Minuman Dondong

 

Minuman Dondong, minuman buah kedondong dalam bentuk serbuk yang baik untuk perut tidak begah.

Dalam hitungan hari, tanpa terasa kita akan segera menyambut bulan suci Ramadan. Jadi secara otomatis harus segera bersiap untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan lamanya. Selain fokus untuk beribadah kondisi fisik juga harus selalu prima.

Satu hal yang tak bisa kita hindari ketika berpuasa adalah seringnya mengalami masalah pencernaan atau gangguan di perut, seperti kembung, asam lambung naik, dan perut begah.

Menariknya adalah masalah pencernaan ini tidak hanya terjadi pada mereka yang memiliki riwayat gangguan perut sebelumnya, tetapi bisa terjadi justru pada orang-orang yang tidak pernah mengalami gangguan pencernaan juga. Hal ini terutama disebabkan karena kebiasaan makan atau pola makan yang dilakukan selama periode sebelum bulan puasa.

Kondisi perut begah sendiri ditandai dengan kondisi perut kekenyangan, jika dipegang maka perut akan keras, padat dan kencang. Penyebab perut begah ini harus diatasi segera. Karena penyakit ini juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung, yang menyebabkan penyakit GERD kambuh.

Ketika waktunya berbuka tiba, tak bisa dipungkiri banyak orang cenderung kalap makan sebagai tindakan “pembalasan” setelah menahan lapar selama lebih dari 12 jam. Kopi, makanan atau minuman manis, makanan berlemak seperti gorengan habis dilahap tanpa sadar, yang mengakibatkan efek begah pada perut setelah itu.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut begah saat buka puasa?

Yuk! Simak beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut begah ketika sedang berbuka.

Pertama, hindari makanan berlebihan. Ketika perut terlalu banyak menerima makanan, akan terjadi tekanan yang tinggi pada perut. Kondisi ini menyebabkan naiknya asam lambung yang membuat perut menjadi terasa mulas. Hal ini disebabkan terbatasnya enzim pencernaan di lambung, kelebihan makanan ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga menimbulkan rasa begah pada perut.

Kedua, makan secara perlahan. Berikan waktu lebih untuk makan, karena hal ini tak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga membantu untuk tidak makan terlalu banyak. Kita perlu tahu bahwa perut membutuhkan waktu selama 20 menit untuk memberikan sinyal pada otak bahwa ia telah kenyang. Jadi, ambil porsi secukupnya saja dan makanlah secara perlahan.

Ketiga, batasi makanan berminyak, seperti gorengan dan makanan berlemak serta makanan pedas. Lemak memperlambat pencernaan dan memicu terjadinya refluks, begitu pula dengan makanan pedas yang memudahkan perut menjadi mulas. Sebaiknya, ganti makanan berlemak dengan buah kurma misalnya.

Keempat lakukan sedikit gerakan. Bisa dengan jalan-jalan kecil setelah makan. Kita mungkin lebih mudah begah saat buka puasa dan mengalami kenaikan asam lambung jika tidak banyak bergerak setelah makan, terlebih jika kita melakukan ibadah tarawih setelahnya. Sesaat setelah makan dan sebelum pergi beribadah, kita bisa berjalan-jalan sejenak untuk membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik.

Eits, terakhir jangan lupa juga buat konsumsi buah dondong setelah makan baik itu ketika buka atau setelah makan berat. Kedondong adalah buah yang masih satu famili dengan mangga. Bahkan buah yang satu ini juga kerap disebut sebagai umbi mangga. Namun, rasa dan teksturnya berbeda dengan buah mangga.

Tekstur kedondong cenderung keras dan bercita rasa manis-asam. Meski begitu, tak sedikit orang yang menyukai buah ini. Di balik rasanya yang unik, buah ini juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Beberapa manfaat dari buah dondong antara lain kaya nutrisi esensial, menjaga kesehatan kulit, mendukung pencernaan yang sehat, serta menyegarkan dan menghidrasi tubuh.

Kandungan dari buah dondong dipercaya dapat mengobati sejumlah keluhan gastrointestinal yang umum seperti kembung, gangguan pencernaan, begah dan perut kembung. Buah kedondong atau dondong dapat dikonsumsi begitu saja setelah dikupas kulitnya, dibuat jus, rujak atau manisan. Masalahnya adalah ketika tidak beli di tukang rujak keliling, cari buahnya di pasar agak sulit dan langka ya kalo pas tidak sedang musimnya?

Daripada jauh-jauh berujung zonk mending cobain minuman dondong. Konon kabarnya jadi satu-satunya minuman buah dondong dalam bentuk serbuk yg nyaman buat lambung nggak bikin begah. Komposisinya terdiri dari sumber vitamin C dan paduan ekstrak pepaya dan yoghurt. Jadi lebih aman dan baik untuk diminum setiap hari. Baik disajikan selagi hangat ataupun saat dingin.

Aku kebetulan sudah cobain lho. Rasanya memang manis segar dan khas buah dondong tanpa ditambah lagi dengan gula atau pemanis tambahan lain. Berani jamin deh bakal kasih efek nyaman di perut kalian setelah makan.

Perut jadi adem no begah, nggak bohong! Rasain sendiri deh. Jangan lupa kalian juga buat cobain, dong!

  • No Comments
  • March 4, 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *