19 C Jakarta
Friday 23rd February 2024
Rekomendasi Kuliner Sehat Untuk Sahur dan Berbuka Selama Ramadan Hasil Penelusuran Internet
By SamAzhar

Rekomendasi Kuliner Sehat Untuk Sahur dan Berbuka Selama Ramadan Hasil Penelusuran Internet


Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang sudah dinantikan oleh umat Islam. Setelah berpuasa 12 jam lebih selama seharian, tubuh sudah pasti akan kekurangan energi dan cairan. Oleh sebab itu ketika sahur dan berbuka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana atau gula dan memperbanyak asupan mineral dengan konsumsi air putih.

Ketika waktunya berbuka disarankan untuk menyantap makanan ringan terlebih dahulu seperti kurma, buah-buahan segar, dan lainnya. Barulah selang beberapa menit kemudian atau 30-60 menit ke depan, baru dapat mengonsumsi hidangan utama, seperti nasi dan lauk pauknya.

Selain sunnah hal ini dilakukan agar tidak memperberat fungsi lambung setelah lama beristirahat. Jika berlebihan saat berbuka justru akan membuat lemas dan perut tidak nyaman alias kembung, yang dampaknya akan membuat kita malas untuk bergerak dan beribadah.

Nah ini ada beberapa menu sehat untuk sahur dan berbuka puasa yang bisa dijadikan rekomendasi selama bulan Ramadan.

1. Kurma

Ketika berbuka puasa yang sehat dapat diawali dengan mengonsumsi kurma. Kurma merupakan salah satu bahan makanan yang manis dan serbaguna terbaik yang bisa mengatur proses pencernaan. Percaya atau tidak buah ini mampu secara signifikan mengembalikan energi bagi setiap orang yang berpuasa hanya dalam waktu setengah jam setelah mengonsumsinya.

Oleh karena itu, berbuka disarankan dengan yang manis terlebih dahulu. Selain teh hangat manis, dianjurkan segera dengan makan kurma. Tujuannya untuk membantu menghindari makan yang berlebihan saat berbuka.

Saat tubuh mulai menyerap nilai gizi tinggi dari kurma, perasaan lapar akan cukup teratasi. Selain itu juga, sistem saraf bisa mendapatkan banyak bantuan dengan mengonsumsi kurma, karena buah ini memiliki kandungan jumlah potassium dalam jumlah besar.

Kurma kaya akan beberapa vitamin, mineral dan juga serat. Buah lezat ini juga mengandung minyak, kalsium, belerang, zat besi, kalium, fosfor, mangan, tembaga dan magnesium yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan.

2. Madu

Madu mudah diserap ke dalam aliran darah dalam waktu 10-15 menit, sehingga dapat memberikan energi kita secara instan. Madu juga berperan sebagai satu-satunya sumber energi saat berpuasa yang tidak akan memberatkan sistem pencernaan. Kita dianjurkan untuk mengkonsumsi sebanyak 200-250 gram madu selama puasa.

Selain memberi energi, madu juga berperan penting dalam menenangkan sistem saraf tubuh kita saat perut kosong atau menjalankan puasa. Menurut riset dari naturalwaysofliving yang saya telusuri menggunakan internet provider, tubuh kita membutuhkan 2.400 kalori per hari untuk bekerja normal. Dari 2400 kalori ini, 800 kalori dimanfaatkan oleh sel otak kita. Bila sel otak tidak mendapatkan 800 kalori ini, dimungkinkan kita akan mudah terkena sakit kepala atau menggigil. Sebab setiap 250 gram madu mengandung 800-850 kalori energi. Oleh karena itu dengan mengonsumsi 250 gram madu saat berpuasa dapat menenangkan sel otak dan menghindari ketegangan. Madu juga dipercaya dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh serta mengatasi gangguan pencernaan.

3. Air Putih (Mineral Water)

Tubuh akan mengalami dehidrasi ketika berpuasa, sehingga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala dan sulit untuk berkonsentrasi.

Tubuh terdiri dari sekitar 60-70% air, dan tubuh membutuhkan air untuk membuat sel baru dari semua jenis, termasuk sel darah, sel tulang dan sel kulit. Selain itu, setiap organ dan sistem tubuh memerlukan air yang berfungsi dengan baik dan sehat. Demikian pula, meminum cukup air membuat sistem limfatik kita dalam kondisi prima sehingga limbah dan racun lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Air juga memberikan nutrisi ke sistem saraf, membantu transportasi darah oksigen dan nutrisi penting lainnya ke sel kita dan bahkan mampu membuat jantung tidak harus bekerja keras dalam memompa darah. Air juga dapat mengatur metabolisme tubuh, dan membantu pencernaan dan bertugas mengendalikan suhu tubuh.

Oleh karena itu, minumlah air putih terlebih dahulu ketika berbuka, untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa dan mendapatkan berbagai manfaat lainnya.

4. Buah-Buahan Segar

Menu buka puasa yang menyehatkan berikutnya adalah dengan cara mengonsumsi buah-buahan segar. Hal ini sangat dianjurkan, karena buah mudah dicerna karena mengandung kaya serat. Selain itu juga vitamin A yang terkandung dalam buah-buahan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu mendukung penglihatan dan memfasilitasi sel darah merah dalam menyimpan dan membawa zat besi.

Kandungan vitamin C di dalamnya juga mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan hati. Selain itu terkandung juga kalium dan folat yang penting bagi kesehatan otak. Sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah ketika berbuka. Pun baik juga dikonsumsi ketika sahur.miUntuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh cobalah untuk mengonsumsi buah yang mengandung banyak kandungan airnya seperti, semangka, melon, jeruk, buah beri dan lainnya. Selain itu, konsumsilah juga buah yang mengandung banyak serat seperti pepaya atau pisang, untuk membantu memberi rasa kenyang pada perut ketika lapar dan mengembalikan energi yang terpakai ketika kita berpuasa.

5. Sayur-Sayuran 

Sayuran adalah bagian penting dari makanan sehat yang menyediakan berbagai sumber nutrisi, termasuk kalium, serat, folat (asam folat) dan vitamin A, E dan C. Nutrisi dalam sayuran sangat penting untuk kesehatan dan pemeliharaan tubuh.

Kalium dapat membantu menjaga tekanan darah sehat. Serat makanan dari sayuran membantu mengurangi kadar kolesterol darah dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Folat (asam folat) membantu tubuh membentuk sel darah merah yang sehat.

Menjadikan sayuran sebagai menu untuk sahur dan berbuka puasa yang sehat sangat direkomendasikan, karena sayuran mudah dicerna oleh tubuh. Ketika berpuasa lambung beristirahat, sehingga ukurannya mengecil dan enzim pencernaan pun berkurang. Oleh sebab itu sangat dianjurkan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna ketika berbuka, agar tidak memberatkan kerja lambung.

6. Ikan 

Sajian kuliner olahan ikan sebagai pilihan menu sehat untuk sahur dan berbuka puasa juga merupakan langkah yang bijak. Karena ikan merupakan salah satu makanan paling sehat yang sarat dengan nutrisi penting, seperti mengandung protein dan vitamin D di dalamnya. Ikan juga merupakan sumber omega-3 asam lemak terbaik di dunia, yang sangat penting bagi tubuh dan otak. Cara menghidangkan ikan sebagai pendamping nasi ketika sahur dan berbuka. Pilihan nasi yang digunakan juga dapat memilih beras merah, hitam atau coklat.

Kandungan serat yang 5 kali lebih tinggi daripada nasi putih, membuat nasi merah dapat dicerna lebih lama. Oleh sebab itu ketika menyantap nasi merah saat sahur, kita akan merasakan kenyang lebih lama. Selain itu nasi merah juga dapat mencegah dari lonjakan gula darah sehingga sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Indeks glikemik-nya pun lebih rendah dibandingkan nasi putih, yaitu 50:80. Melihat begitu banyak manfaatnya dibandingkan dengan nasi putih, sangat pantas rasanya bila mengonsumsi nasi merah ketika sahur.

Hendaklah kita selalu menjaga asupan gizi selama berpuasa dengan memilih makanan yang sehat berimbang sebagai hidangan, jangan berlebihan dan rutin minum air putih. Lakukan pula olahraga sederhana agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Tips Anti Bosan Biar Ngabuburit Sobat Tetap Produktif dan Berfaedah dengan Jaringan Internet Cepat dari IndiHome




Agenda ngabuburit sudah menjadi tradisi atau aktivitas yang selalu dinantikan untuk menunggu waktu berbuka puasa tiba di bulan Ramadan. Kegiatan ini erat kaitannya dengan aktivitas bepergian keluar rumah hingga mencari penganan takjil sebagai pelengkap hidangan utama berbuka.

Tapi nggak hanya kegiatan monoton yang disebutkan di atas saja yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu sebelum beduk Maghrib tiba. Kalian juga bisa kok melakukan beberapa kegiatan produktif untuk menghabiskan waktunya berbuka puasa. Meski santai, tapi dijamin lebih berfaedah lho.

Pertama, tentu saja selain tidur kita juga bisa kok mengisi waktu dengan berolahraga ringan misalnya bersepeda santai di sore hari atau jalan santai keliling komplek. Kedua beres-beres rumah, ternyata membersihkan dan merapikan rumah ampuh mengatasi stres dan rasa bosan selama menjalani ibadah puasa Ramadan.

Tak hanya bisa membantu untuk melupakan waktu menunggu berbuka sesaat saja, merapikan rumah dipercaya bisa membantu menyegarkan pikiran dan memperbaiki mood penghuninya. Tentu suasana rumah yang bersih akan menyenangkan hati sobat dan membuat waktu berbuka puasa jadi lebih nyaman, kan?

Ketiga, membaca buku. Waktu berbuka bisa digunakan untuk menghabiskan daftar antrian buku bacaan yang belum sempat kamu selesaikan selama ini lho sobat. Jika sudah tenggelam dalam buku bacaan yang dibaca, terkadang waktu bisa berjalan begitu cepat tanpa terasa. Jadi, kegiatan membaca buku pun dianggap cukup produktif dan berfaedah sebagai kegiatan ngabuburit yang bermanfaat.

Keempat, salah satu kegiatan ngabuburit paling seru dan banyak dilakukan orang menjelang waktu berbuka puasa adalah berburu hidangan takjil. Memasuki bulan Ramadan biasanya banyak sekali penjual takjil musiman yang bisa ditemukan di berbagai tempat. Hal ini membantu kita menghabiskan waktu menyenangkan dengan memilih dan mengunjungi berbagai kedai atau pelapak penjual takjil.

Kelima, binge watching atau maraton film atau serial tv. Kalau yang ini sih paling sangat direkomendasikan sebagai kegiatan ngabuburit yang produktif dan berfaedah untuk mengisi waktu luang sambil menunggu waktu berbuka puasa. Menonton series atau film yang kita suka juga dapat membantu melewati jam-jam menunggu berbuka yang terkadang terasa begitu panjang. Selain itu, kegiatan ini bisa menghibur diri dan melepas penat setelah seharian belajar di sekolah atau bekerja di kantor

Nikmat mana lagi yang engkau dustakan wahai kalian para pengabdi pencari jaringan internet cepat dan kuat? Kurang puas bagaimana lagi ya, dengan didukung fasilitas telpon rumah, layanan internet 24 jam dan sudah termasuk dengan TV berlangganan. Bayangkan kapan lagi ada yang bisa seperti IndiHome yang merupakan produk kebanggaan anak negeri dari Telkom Indonesia. 

Wifi.id Seamless dari IndiHome

Oia sekedar informasi buat kalian nih sobat. Dengan berlangganan layanan jaringan internet cepat otomatis terhubung dengan jaringan luas dari Wifi.id. Ngga tanggung-tanggung lagi kecepatan jaringan internetnya hingga 100 Mbps. Hanya dengan merogoh kocek Rp10.000 per bulan untuk setiap perangkatnya, sobat sudah bisa tersambung langsung dengan ribuan titik Wifi.id di seluruh Indonesia tanpa harus memasukkan username dan password berulang kali.

Nah ini salah satu dari sekian banyak kegiatan yang bikin rencana ngabuburit aku di bulan Ramadan tahun ini jadi terasa lebih produktif dan berfaedah bukan? Jadi nggak ada lagi tuh yang namanya mati gaya apalagi sampai bosan menunggu hingga waktunya berbuka puasa tiba.

  • No Comments
  • March 26, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *