19 C Jakarta
Thursday 20th June 2024
Garuda Indonesia dan The Pokemon Company Siapkan Kolaborasi Pokemon Air Adventure yang Menakjubkan
By SamAzhar

Garuda Indonesia dan The Pokemon Company Siapkan Kolaborasi Pokemon Air Adventure yang Menakjubkan

Karakter ikonik Pikachu dalam anime Pokemon


Ayo coba siapa di sini siapa yang kenal dengan karakter lucu atau tokoh sentral dari anime terkenal berwarna kuning yang mampu mengeluarkan sengatan listrik dari ekornya yang hampir digemari oleh anak-anak bahkan orang dewasa di seluruh dunia?

Nah, untuk itulah maskapai nasional Garuda Indonesia dalam rangka memperkuat komitmennya dalam menghadirkan berbagai nilai tambah bagi para pengguna jasanya. Siapa sangka salah satunya hadir melalui kemitraan strategis dengan The Pokemon Company dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Adapun inisiasi kemitraan tersebut direpresentasikan melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Menparekraf, Sandiaga Uno bersama-sama dengan Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra dan Corporate Officer Deputy General Manager The Pokemon Company, Susumu Fukunaga pada Selasa (30/5) di Hotel Kempinski, Jakarta.

Melalui kemitraan tersebut, nantinya Garuda Indonesia dan The Pokemon Company akan meluncurkan “Pokémon Air Adventures” yaitu sebuah pengalaman penerbangan spesial bertemakan Pokémon, dengan menghadirkan livery khusus karakter Pokémon pada 2 (dua) armada B737-800 NG Garuda Indonesia pada akhir tahun 2023, termasuk menghadirkan berbagai produk merchandise kolaborasi bersama yang dapat diperoleh masyarakat dan pengguna jasa melalui GarudaShop.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara pihak Garuda Indonesia, Pokemon Company dengan Kemenparekraf RI.


Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan bahwa kolaborasi dengan The Pokémon Company serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk menghadirkan Pokémon Air Adventures di Indonesia merupakan langkah adaptif bersama untuk menggarap pangsa pasar wisatawan domestik dan regional khususnya menuju Indonesia dengan mengoptimalkan antusias masyarakat, khususnya pada segmen pasar keluarga maupun penggemar karakter anime dan/atau game online melalui kehadiran pengalaman terbang yang berbeda dan istimewa.

Pak Irfan selaku Dirut Garuda mengatakan dengan menjalankan mandat sebagai National Flag Carrier, Garuda Indonesia berkomitmen untuk senantiasa terus berada di garda terdepan dalam mendukung pertumbuhan pariwisata nasional yang menyajikan sebuah inisiatif pendekatan aktivitas wisata di Indonesia dengan menghadirkan tokoh karakter anime dan game online yang telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Komitmen ini juga selaras dengan upaya berkelanjutan untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dalam menghadirkan nilai tambah bagi pengguna jasa yang dapat dirasakan sejak sebelum keberangkatan hingga pengalaman setelah terbang.

Rangkaian kolaborasi bersama mitra strategis ini menjadi bentuk konsistensi pengembangan inovasi Garuda Indonesia, setelah sebelumnya Perusahaan menghadirkan berbagai nilai tambah berkelanjutan di antaranya special livery pada armada wide-body dan narrow-body, merchandise eksklusif bertemakan Garuda Indonesia, hingga penyelenggaraan penerbangan tematik “Kepresidenan”.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi langkah kolaborasi antara Garuda Indonesia dan The Pokemon Company dalam menghadirkan pengalaman baru berwisata tersebut, sehingga diharapkan memperkuat minat kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik di Indonesia. Mas menteri mengapresiasi Garuda Indonesia dan The Pokemon Company serta Niantic Inc dalam lingkup kolaborasi dan kerja sama untuk membangkitkan ekonomi dan mencapai target dalam meningkatkan jumlah wisatawan baik mancanegara maupun nusantara, sekaligus pencapaian target 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024. 

Dalam kerja sama ini, Garuda Indonesia akan meluncurkan Pikachu Jet yakni pesawat dengan seragam atau livery Pikachu. Nantinya, desain Pikachu akan terpampang di dua unit pesawat Garuda Indonesia yang terbang ke berbagai destinasi baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, Niantic Inc selaku pengembang aplikasi Pokémon GO juga akan mengembangkan berbagai kegiatan menarik di kesempatan mendatang. Kedua belah pihak menilai kerja sama ini akan bersifat menyeluruh, bukan hanya dari segi mendatangkan wisatawan mancanegara di nusantara, tapi juga untuk aspek dari ekonomi kreatif yang ada di 17 subsektor penyelenggaraan event maupun kerja sama yang menyangkut seluruh ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam mengatakan, pihaknya juga akan melakukan kerja sama dengan The Pokemon Company dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang akan menyangkut beberapa hal, di antaranya adalah pemanfaatan karakter untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Kerja sama ini, juga diharapkan menjadi pemantik dalam pengembangan IP lokal dimana kita bisa melakukan adaptasi dan belajar dari kisah sukses IP Pokemon dalam pengembangan ekonomi kreatif tanah air. Selain itu, Kemenparekraf juga memberikan dukungan dalam penyelenggaraan event Pokemon yang akan berlangsung di berbagai daerah tanah air.

Pak Irfan menambahkan sejalan dengan peran Garuda Indonesia sebagai maskapai pembawa bendera bangsa, adanya dukungan penuh dari Kemenparekraf RI serta antusiasme masyarakat terhadal tokoh Pokémon yang cukup tinggi, tentunya kolaborasi ini akan menjadi sebuah nilai tambah tersendiri dalam menumbuhkan antusiasme masyarakat merencakan perjalanan wisata di masa pra endemi saat ini .

Sehingga pihaknya berharap, kerja sama tahap awal yang dilaksanakan pada kesempatan ini dapat membawa manfaat berkelanjutan yang tidak hanya dirasakan oleh seluruh pihak yang bekerja sama, melainkan terutama masyarakat Indonesia melalui kontribusi positif terhadap akselerasi pemulihan industri pariwisata nasional. Amin

  • No Comments
  • June 1, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *