19 C Jakarta
Tuesday 27th February 2024
Dukungan Penuh Telkom Indonesia bagi Timnas E-Sport dalam Laga SEA Games 2023
By SamAzhar

Dukungan Penuh Telkom Indonesia bagi Timnas E-Sport dalam Laga SEA Games 2023

 

Tim Valorant Indonesia (dok. Sekretariat PBESI)


Ajang kompetisi olahraga se Asia Tenggara kini tengah berlangsung di Kamboja dari 5-17 Mei 2023. Sebanyak 599 atlet dari tanah air diterjunkan pada laga SEA Games yang ke-32 tersebut. Selama beberapa hari dihelat, seakan tak henti-hentinya mendapat sorotan negatif dari para netizen di Indonesia. Hal ini lantaran penyelenggaraannya dianggap tidak becus dan terkesan mengesampingkan fasilitas untuk atlet kontingen Indonesia.

Di cabor E-Sport juga tidak luput dari sorotan. Perjuangan Timnas E-Sport untuk game Valorant di SEA Games 2023 di partai final terganjal dugaan kecurangan Singapura. Para suporter sontak heboh dan ribut, termasuk di media sosial. Kedua tim bahkan sempat menunda pertandingan untuk menunggu keputusan panitia atas permasalahan tersebut.

Awal mula insiden tersebut terjadi ketika pertandingan berlangsung, tim dari Singapura ditemukan memanfaatkan bug dalam permainan. Hal ini seharusnya tidak boleh dilakukan sebab termuat dalam buku peraturan saat technical meeting. Sebelumnya pun, juga telah dibahas serta disampaikan oleh penyelenggara dan wasit jika bug tidak diizinkan digunakan oleh para atlet. Bukti-bukti pun didapati dan akhirnya Timnas Indonesia melakukan protes keras pada pihak penyelenggara SEA Games 2023.

Pihak Indonesia sempat melaporkan hal tersebut, tetapi tidak digubris oleh panitia. Akhirnya pihak Indonesia pun meminta technical pause untuk menunggu keputusan tindakan bug abuse tersebut. Oleh karena itu dilakukan meeting kembali yang melibatkan SEAGF selaku organisasi penyelenggara tertinggi SEA Games 2023. Pihak organisasi akhirnya memutuskan Timnas Indonesia dan Singapura sama-sama meraih medali emas. Wkwk! Oleh sebab seluruh pihak harus selalu menjujung tinggi sportivitas, fair play, integritas, dan kehormatan yang merupakan harga mati dalam dunia olahraga.

LEAD by IndiHome, Tiket Emas Jadi Atlet E-Sport Profesional

Di era kiwari, industri gaming online rupanya telah menjadi sebuah komoditas. Untuk itulah IndiHome sebagai internet provider andalan dari Telkom Indonesia berkomitmen menghadirkan inovasi olahraga elektronik (E-Sport) di Indonesia dengan meluncurkan Limitless E-Sport Academy atau yang biasa disingkat dengan LEAD. Ini merupakan akademi E-Sport dengan konsep athlete enablement, artinya memberdayakan atlet dan melatih seorang gamer (player) yang semula bermain game sebatas hobi saja, dibina menjadi professional player (pro-player) yang benar-benar bermental atlet.

Perlu digarisbawahi di sini, tidak semua proplayer adalah atlet E-Sport, namun atlet E-Sport pasti seorang proplayer. Perbedaan yang mendasar dari seorang pro-player dengan atlet eSport adalah terletak pada aspek mentalitasnya. Para atlet eSport adalah orang-orang pilihan yang siap digembleng sportifitasnya. Sebagaimana atlet cabang olahraga lainnya, atlet eSport juga membutuhkan latihan rutin agar semakin berkualitas dan tetap menjunjung tinggi sportifitas.

Tak heran mereka harus rutin dalam menajamkan skill, menguasai trik dan strategi permainan, kerja sama tim, disiplin, serta menjaga pola hidup sehat. Di sinilah LEAD mengambil peran di mana talenta-talenta baru atlet eSport akan dibina untuk menjadi seorang atlet eSport yang tangguh dan berkarakter.

Aktivitas Tanpa Batas Calon Juara Gim Elektronik

Calon atlet eSport ini juga berkesempatan besar untuk berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di berbagai ajang turnamen. Baik itu dalam skala nasional bahkan hingga level internasional. Sesuai dengan semangat yang ingin diusung yaitu semangat berlatih tanpa batas, kehadiran program LEAD diharapkan dapat melahirkan the next big thing atlet-atlet eSport Indonesia yang mampu berkiprah dalam lingkup global. 

Salah satu aspek penting dalam ekosistem eSport adalah kaderisasi atlet. Untuk itu, LEAD hadir dan berkomitmen mencetak sebanyak-banyaknya atlet eSport yang memiliki spirit dan berdaya saing di dunia internasional. Bergabung menjadi anggota LEAD bisa dibilang surga dan setiap atlet binaan bisa merasakan manfaat internet tak terbatas. Hal ini bukan sekedar isapan jempol semata. Sebab LEAD by IndiHome menjadi wadah belajar bagi para player untuk menjadi atlet eSport sejati.

Besar harapan dengan adanya LEAD by IndiHome di bawah naungan Telkom Group ini, seperti menghadirkan kembali semangat dan cara pandang baru tentang dunia gaming. Bahwa gaming bukan hanya sebatas hobi, tapi bisa menjadi sebuah profesi yang juga bermanfaat bagi masyakarat Indonesia. Nah, itulah beberapa keuntungan yang sangat menjanjikan menjadi seorang atlet eSport yang bisa dijadikan sebagai inspirasi buat kalian. 

Bagaimana nih? Apa kalian siap jadi gamer profesional? Keputusan kembali ada di tangan kalian masih memilih game elektronik atau online sebagai selingan hiburan untuk sekedar mengisi waktu luang saja atau siap menjadi atlet kebanggaan masa depan dengan berjuta impian bersama IndiHome sebagai penyedia layanan Internetnya Indonesia yang siap mewujudkan mimpi tanpa batas.

  • No Comments
  • May 12, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *