19 C Jakarta
Saturday 20th July 2024
By SamAzhar

Aktivitas Tanpa Batas Bisa Jadi Pilihan Saya untuk Bekerja dari Mana Saja

 

Nugroho-Azhar

Kalau boleh saya ceritakan kembali ke belakang tepatnya sejak 2013. Hingga akhirnya kini hampir memasuki tahun ke sembilan sejak memutuskan untuk menjadi pekerja lepas yang berkecimpung dalam hal menulis konten dan jadi pegiat media sosial. Jujur banyak hal yang bisa dipetik. Memang bukan hal yang mudah dan murah, pengalaman dan susah payah banyak menempa diri menjadi pribadi yang lebih adaptif dan fleksibel dengan keadaan.

Saya kira hidup akan berjalan dengan normal seperti biasanya. Sampai pada suatu ketika kita dihadapkan pada pandemi yang nyata-nyata membuat siapa saja syok dan jadi tidak karuan. Memaksa banyak orang untuk berubah dan mengikuti perkembangan di era kebiasaan baru. Termasuk di dunia kerja, dalam hal ini gaya bekerja khususnya. Lain dulu lain sekarang. Jika dahulu orang taunya kerja itu harus bekerja dari kantor, kini dapat dikerjakan dari mana saja. Istilah kerennya work from anywhere

Begitu pun dengan saya. Hal ini saya alami sendiri. Buat sebagian orang mungkin terlihat aneh tapi waktu terus bergulir. Masih segar dalam ingatan mungkin ya? Banyak orang di lingkungan sekitar yang masih menganggap profesi yang sedang ku jalani sekarang ini seperti main-main. Setiap hari keluar rumah membawa tas tapi bukannya pergi ke kantor eh malah melipir ke kedai kopi, mall atau perpustakaan. 

Sebenarnya sedang sibuk apa ya? Atau hanya menjadi pengacara alias pengangguran banyak acara. Pergi masih terang tapi pulang menunggu petang. Hehe tapi biarlah peduli setan apa kata orang. Selama yang kita kerjakan itu halalan thoyiban kenapa tidak kita lanjutkan saja bukan? 

Kalau ditanya kenapa sih saya harus ke luar setiap harinya? Jujur ketika pekerjaan di rumah selesai, saya baru bisa melangkahkan kaki dan pergi ke suatu tempat. Hal ini tak lain agar bisa bekerja lebih fokus dan mencari suasana yang lebih kondusif. Sebab dalam menulis konten itu butuh inspirasi dan konsentrasi tingkat tinggi. 

Ketenangan adalah koentji! 

Nah, dulu saya pernah berangan-angan kapan ya kita bisa bekerja seperti bule-bule di luar negeri. Kayaknya enak tuh kerjaannya setiap hari buka laptop sambil ngopi dan makan roti. Sekarang impian tersebut malah jadi kenyataan. Kreativitas memang tanpa batas termasuk aktivitas yang kita lakukan di era kiwari seperti saat ini. Teknologi membuat kita bisa selalu terkoneksi tanpa batas. 

Entah kenapa walau pekerjaan yang saya lakukan bisa dikerjakan di rumah. Namun justru saya memilih untuk menyelesaikannya di luar. Pikir saya urusan rumah ya di rumah, urusan pekerjaan ya pekerjaan. Apalagi banyak tempat makan, kafe atau resto yang kini menyediakan berbagai menu makanan dan minuman kekinian serta berbagai fasilitas seperti meja dan kursi, stop kontak, toilet. Sudah dilengkapi dengan akses internet bahkan tempat untuk beribadah.

Bagaimana kita tidak semakin dimanjakan? Kalau dihitung-hitung bisa 3x seminggu saya mendatangi tempat model begini ketika benar-benar dibutuhkan. Tentu saja semua sudah saya perhitungkan dengan matang. Bukan pelit tapi memang harus serba dikalkulasikan. Dengan budget saya harus produktif dan menghasilkan. Agar output yang saya dapatkan pun setimpal dengan yang telah dikeluarkan. Katakan saja sekali makan dan minum di kedai kopi 50 ribu tapi bisa menyelesaikan 2-3 pekerjaan yang sudah tenggat. 

Sisanya tetap saja saya lakukan di luar. Meski bukan di rumah dan di resto langganan saya, kerap saya mendatangi rumah kost sanak famili yang sedang tidak dihuni. Di situ dari siang hingga sore hari saya manfaatkan untuk menenangkan diri dan menggali informasi sambil berselancar dengan memanfaatkan koneksi Wifi. Apalagi sudah dilengkapi dengan paket internet bulanan untuk keluarga dari IndiHome, sebagai layanan internet dari TelkomGroup.

Aktivitas tanpa batas seperti ini yang mendukung setiap pekerja agar tetap produktif dan menunjukkan performa terbaik mereka. Kemudahan itu datang bagi siapa saja yang mau berusaha. Termasuk yang saya alami. Namun hal ini terasa berat ketika bertemu dengan banyak distraksi. Jadi kesimpulannya tetapkan target yang ingin kita capai, tentukan pilihan mana yang akan kita kerjakan dan persiapkan fasilitas dengan dukungan internet kuat dan sehat. 

  • No Comments
  • May 26, 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *