19 C Jakarta
Saturday 13th April 2024
By SamAzhar

5 Manfaat Media Sosial di Tengah Pandemi


Kita ketahui bahwa pandemi belumlah diketahui kapan akan usai. Banyak pengamat dan peneliti yang berkata mungkin beberapa tahun lagi baru bisa normal kembali. Hampir 2 tahun kita diajak untuk belajar, bekerja dan beraktivitas dari rumah.

Namun ternyata banyak pembelajaran yang kita peroleh selama ini. Banyak hal yang membuat kita jadi terbiasa. Baik sebelum maupun sesudah pandemi melanda. Terutama di era kiwari seperti sekarang ini segala sesuatu bergantung pada aktivitas digital.

Istilah hybrid jadi begitu sering terdengar di telinga kita semua. Selain koneksi internet, media sosial juga turut berperan dalam menghubungkan antara satu dengan yang lain. Tak pelak penggunaannya sangat mutlak diperlukan dan menjadi penting dalam kehidupan sehari-hari.

Media sosial berperan dalam kehidupan setiap orang. Ketika awal kemunculannya banyak yang berpikir terutama generasi pendahulu bahwa sosmed sekedar menjadi selingan atau tak ubahnya hiburan semata. Tapi jaman sudah berganti

Meski ada anggapan terlalu berfokus dan waktu hanya habis untuk bermain media sosial, nyatanya tools ini justru memiliki ragam manfaat. Mulai dari saling berinteraksi antar penggunanya, berjejaring hingga mendatangkan cuan alias penghasilan. Apalagi di era pandemi seperti saat ini banyak orang beralih untuk memanfaatkan peluang dari sosial media.

Jika dirangkum setidaknya ada beberapa manfaat dari media sosial bagi kehidupan kita. Kalau dihitung ada berapa banyak ragam media sosial yang kalian ketahui?  Ada beberapa fungsi sosial media antara lain meliputi; jejaring sosial seperti Facebook, Linked-In dan Google+, mikroblog seperti Twitter dan Tumblr, berbagi foto seperti Instagram dan Pinterest, berbagi video seperti YouTube , Facebook-live dan lain-lain.

Media sosial menjadi penting karena peningkatan drastis jumlah penggunanya. Sebanyak 2,27 miliar pengguna aktif Facebook setiap bulannya saja sudah meraup hampir sekitar 40% populasi dunia. Jika melihat fungsi-fungsi di atas, media sosial memiliki berbagai macam manfaat yang tentu saja menguntungkan. Berikut ini adalah 5 manfaat media sosial yang dapat digunakan terutama di era pandemi:

Pertama, sebagai media pembelajaran & berjejaring. 

Sejak adanya PJJ alias Pembelajaran Jarak Jauh tidak hanya para pelajar tapi juga tidak menutup kemungkinan bagi para pekerja. Menjamurnya situs web e-learning dan training yang menyediakan kelas dan pelatihan dari mulai yang gratis hingga berbayar menjadi salah satu contoh bagaimana media sosial bekerja di era pandemi. Setiap orang dapat mengambil kelas dari situs web e-learning dan berdiskusi serta menyelesaikan tugas di situ.

Setiap pengguna dapat  memanfaatkan fitur video yang terhubung langsung dengan situs jejaring sosial untuk terus terlibat dalam sesi atau kelas yang diambil melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp.

Dalam proses pembelajaran sosial ini, setiap orang dapat berteman dengan teman dari temannya dan membangun jaringan yang kuat. Mereka dapat mengenal banyak orang baru dan mulai membangun koneksi baru dengan mereka.

Jika dahulu setiap orang hanya bisa melihat informasi dari televisi dan surat kabar. Setelah media sosial mengambil alih, sangat mudah bagi semua orang untuk mengikuti dan terinspirasi dari orang yang memiliki pengaruh atau influencer.

Kedua, ajang untuk menunjukkan kreatifitas dan persona diri.

Media sosial adalah platform yang tepat bagi setiap orang untuk mengekspresikan diri. Banyak pengguna takut dengan pemikiran tentang apa yang akan terjadi jika mereka mengekspresikan diri. Padahal hal ini membantu untuk membagikan pemikiran mereka selama ini tanpa rasa takut dan penuh percaya diri.

Media sosial memungkinkan kita untuk berekspresi dengan berbagai cara, seperti halnya mengunggah foto, blog, artikel individu, video, klip audio, dan lain lain. Hal ini membantu banyak orang untuk keluar dari kotak dan mengeksplorasi bakat mereka.

Dibandingkan sebelumnya, sangat mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain sekarang. Ini menjadi mungkin hanya dengan bantuan media sosial. Media sosial telah membantu menghilangkan metode lama di mana siswa harus menunggu kesempatan untuk berpartisipasi dalam sebuah acara dan menunjukkan bakat mereka.

Ketiga, bentuk eksistensi diri

Media sosial adalah platform yang sangat luas dapat terhubung dengan siapa pun di seluruh dunia. Ketika memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan orang-orang pada platform yang begitu luas.

Kita jadi mengenal beragam budaya yang ada di seluruh dunia. Hal ini termasuk budaya, tradisi, bahasa, gaya hidup, kebiasaan makan, dan banyak lagi hal yang menarik lainnya. Mereka bahkan dapat belajar tentang berbagai kursus yang ada di institusi atau perguruan tinggi dari seluruh dunia.

Dari situ mereka dapat mengikuti sesi kelas tertentu. Sesi semacam ini juga memberikan catatan. Pengguna dapat berbagi ide dan pemikiran mereka di platform global yang tersedia. Media sosial memberikan identitas individu kepada setiap orang. Menjadi integritas atau pengakuan dalam platform tertentu. Memberikan banyak kesempatan dan mendapatkan ilmu yang banyak.

Keempat, peluang karir

Seperti kita ketahui bersama bahwa pandemi tidak mudah bagi setiap orang. Meskipun memiliki gelar, tetap saja sulit bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan di tengah kondisi seperti ini. Namun, pengaruh media sosial lagi-lagi membantu pengguna membuka peluang.

Dengan peran serta akun media sosial berarti juga memperbarui peluang karir penggunanya. Biasanya pengguna yang telah mengikuti perusahaan ini di media sosial dapat melamar dengan mengirimkan resume mereka. LinkedIn adalah salah satu platform media sosial tempat untuk melamar pekerjaan dalam frekuensi yang sering.

Dengan adanya media sosial membantu untuk mencari informasi perusahaan dan semua bidang yang diminati. Pengguna dapat membaca ulasan dan komentar yang diunggah oleh orang lain dan mendapatkan gambaran keseluruhan tentang perusahaan. Peringkat yang diberikan oleh orang lain juga sangat penting bagi sebuah perusahaan.

Hal ini dapat membuat diri mereka terlihat berbicara dengan percaya diri dan membangun hubungan yang baik dengan semua orang. Setiap orang dapat menunjukkan bakatnya tersebut di media sosial. Mereka dapat membagikan profil atau portofolio yang telah mereka kerjakan selama ini.

Kelima, pemasaran atau strategi promosi.

Dengan adanya media sosial dapat membantu memasarkan lapak atau usaha para pengguna. Setiap orang bebas mempromosikan platform apa saja untuk memasarkan produknya dan berpartisipasi. Bukan hal yang mustahil nantinya jika media sosial menjadi media promosi di platform besar. 

Dari yang kecil hingga besar. Dari harga murah hingga mahal. Bahkan dari partai kecil hingga kelas kakap bisa mengiklankan karyanya di media sosial. Ini adalah salah satu cara termudah dan terbaik untuk beriklan.

Tidak ada biaya apapun untuk beriklan juga. Media sosial adalah platform yang bagus pula untuk menggalang dana (crowdfunding). Karena jumlah orang yang menggunakan media sosial sangat besar. Mudah bagi siapa saja untuk mengumpulkan dana. Jadi jangan kaget jika kamu dapat menjual apapun di media sosial.

Media sosial telah mengubah banyak hal. Sebelumnya orang biasa membaca koran di pagi hari, tetapi sekarang semua orang melihat akun media sosial mereka untuk mengetahui kabar terbaru seperti portal Indozone. Gaya hidup masyarakat berubah karena evolusi media sosial.

Akibatnya, semua orang hampir menjadi pelaku dan penikmat media sosial dalam satu atau lain hal. Apapun itu, media sosial adalah tempat yang tepat untuk berinteraksi dengan siapa saja baik keluarga, teman ataupun rekan kerja. Tetapi jika hal yang sama digunakan dengan cara yang tidak semestinya. Bukannya berkah malah akan mendatangkan musibah.

Semoga bermanfaat.

Salam hangat

  • No Comments
  • October 17, 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *