19 C Jakarta
Thursday 22nd February 2024
5 Ide Sederhana Berbagi Selama Ramadan dari Rumah
By SamAzhar

5 Ide Sederhana Berbagi Selama Ramadan dari Rumah


Ilustrasi Mencari Ide Sederhana Berbagi Selama Ramadan di Rumah (freepic.com)


Mengerjakan puasa di bulan Ramadan tentunya tidak afdol jika hanya berdiam diri saja menahan haus dan dahaga, atau hanya tidur semata tapi juga bisa melakukan kegiatan berfaedah lainnya agar tetap produktif dan tidak mudah mengantuk.

Kegiatan tersebut banyak ragamnya. Sobat bisa melakukannya sendiri, ataupun bersama orang lain seperti keluarga dan teman-teman. Hal ini bisa dikerjakan baik di rumah maupun di luar ruangan agar tidak bosan dengan kegiatan selama puasa yang itu-itu saja.

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk berbagi kebaikan. Bulan yang penuh dengan keberkahan ini menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan segala amalan baik kita bukan? Salah satu amalan baik yang bisa kita lakukan di bulan mulia ini adalah dengan berbagi kepada sesama. Nah, ternyata banyak ide berbagi di bulan Ramadan yang bisa kita maksimalkan.

Tidak perlu khawatir, siapa sangka dapat dimulai dari hal-hal yang sederhana yang ada di sekitar kita. Jangan salah meski terasa sederhana, kita juga turut memberikan kebahagiaan untuk orang lain. Untuk berbagi pada sesama tidak harus menunggu saat kita sudah memiliki segalanya. Kita bisa berbagi dalam bentuk lain seperti ilmu, makanan, uang, barang layak pakai, atau juga ide cemerlang lainnya.

Kemudian, apa saja kira-kira ide berbagi yang bisa kita lakukan selama bulan Ramadan tahun ini ya?

1. Pertama, Berbagi Makanan di Lingkungan Sekitar

Berbagi makanan ke orang-orang di lingkungan sekitar saat bulan ramadan adalah suatu ide yang menarik untuk mengisi waktu luang. Selain kegiatan ini bermanfaat karena membuat orang lain bahagia, juga mampu menumbuhkan empati dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Sobat bisa mulai dengan berbagi makanan, minuman, kue-kue, dan lain sebagainya.

Sebelumnya kita dapat melakukan survei terlebih dahulu di daerah sekitar, untuk menentukan jenis konsumsi dan jumlah porsi yang akan dibagikan. Apabila perlu, tentukan target untuk berbagi, misalnya para pemulung, tukang ojek, maupun masyarakat umum. Supaya kegiatan ramadan ini jadi lebih seru, ajak saja teman atau keluarga untuk mengikuti aktivitas menarik ini. Makanan yang biasa dibagikan kepada orang-orang, antara lain dapat berupa nasi bungkus, nasi kebuli, mie goreng, sembako, kue, dan lain sebagainya. 

2. Kedua, Berdonasi Pakaian atau Barang 

Panjang umur kebaikan! Sering kita jumpai beberapa kelompok nirlaba yang ingin membantu orang lain dengan cara sedikit berbeda. Mereka menerima donasi pakaian atau barang yang tidak terpakai untuk dijual kembali. Kemudian semua uang hasil penjualannya lalu disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Tentu saja hal ini bisa menjadi pilihan lain bagi yang ingin berbuat kebaikan meski dari rumah. Memilah mana saja pakaian dan barang yang masih bagus agar bisa bernilai tinggi untuk kemudian disumbangkan. Kita juga bisa bertanya pada masjid di sekitar rumah apakah membuka donasi pakaian atau barang. Jika tersedia, tentu itu akan lebih mudah mendistribusikannya.

3. Ketiga, Berbagi Takjil di bulan Ramadan

Ide berbagi selanjutnya yang bisa kita lakukan di bulan suci Ramadan adalah dengan berbagi takjil. Dalam hal ini, kita bisa menyiapkan beberapa paket makanan takjil yang bisa dibagikan ke mushola, masjid, atau bahkan turun ke jalan-jalan.

Hidup berdampingan dengan tetangga akan memberikan banyak manfaat untuk kehidupan kita. Salah satunya mempererat tali persaudaraan kita dengan tetangga adalah dengan berbagi makanan berbuka kepada tetangga di sekitar rumah.

Nah, dengan memberikan makanan kepada orang yang sedang berpuasa, maka sama halnya kita telah bersedekah, sehingga Allah SWT akan melipatgandakan setiap porsi yang sudah dibagikan tadi. Aamiin

4. Keempat, Menyumbangkan uang via daring ke tempat yang membutuhkan.

Sekarang ini nggak perlu lagi deh namanya memusingkan diri untuk mencari siapa saja orang yang sedang membutuhkan uluran tangan atau bantuan. Nah, untuk lebih memudahkan pergerakan dari sang donatur atau penyumbang, saat ini populer banyak penggalangan dana yang bisa dilihat di internet. 

Sobat bisa menyumbang sejumlah uang untuk orang-orang yang membutuhkan. Tak perlu lagi memberikan uang tunai, karena sekarang dengan mudahnya dapat menggunakan transfer bank via mobile banking, atau menggunakan akun dari dompet digital. Asal didukung juga dengan jaringan internet yang cepat untuk kebutuhan aksesnya.

Sebelum berniat untuk menyumbang, pastikan untuk melihat kembali (kroscek) kategori penggalangan dananya. Apakah sudah terverifikasi atau belum? Tak kalah penting lagi adalah melihat lagi transparansi pendistribusian dananya, apakah jelas atau tidak? Mirisnya, saat ini sudah banyak penggalangan dana namun banyak juga yang bodong alias modus penipuan.

5. Kelima, Berbagi rejeki kepada pedagang.

Apakah rumah sobat masih sering dilewati oleh para pedagang keliling? Mungkin ini waktu yang baik untuk berbagi kebaikan dari rumah.

Sobat bisa memberikan apa saja mulai dari barang atau kebutuhan sehari-hari pada mereka yang masih harus ke luar rumah saat kita beruntung berkumpul bersama keluarga tercinta di rumah.

Mungkin secara tidak sadar betapa besar bantuan yang diberikan pada mereka. Insya Allah asal dengan hati yang ikhlas, bantuan sekecil apapun bisa berdampak besar bagi orang lain.

Terakhir, belajar dan berkaca pada kondisi pandemi yang lalu. Mungkin hal ini terlihat sepele dan mengada-ada ya. Tapi tidak dengan saya. Seiring diberlakukannya beraktivitas dari rumah pada saat itu, praktis membuat saya berpikir mencari alternatif agar kuota internet dari ponsel tidak membengkak. 

Banyak orang tua dan murid yang mengeluh ponsel juga jadi cepat panas. Hal ini disebabkan oleh belajar dan bekerja dengan gaya baru yaitu berbasis daring. Satu hal yang saya pelajari bahwa ketika kondisi sesulit apapun percaya bahwa dengan berbagi jangan takut merugi. Dari hal sesederhana berbagi koneksi WiFi kita dengan tetangga terdekat dari rumah.

Saya yang memang berkecimpung di dunia freelancer sudah tidak kaget lagi dengan rutinitas mengerjakan pekerjaan dengan bantuan koneksi provider internet dari rumah. Akhirnya dari situ banyak dari para tetangga yang mengikuti jejak saya untuk berlangganan IndiHome dari Telkom Indonesia. Tanpa pikir panjang mereka segera menghubungi pihak IndiHome untuk minta segera dipasangkan layanan internet kebanggaan keluarga Indonesia di rumah tersebut, yang kebetulan sudah termasuk layanan TV berlangganan untuk pemasangan awal

Beruntungnya akses koneksi jaringan internet cepat dari IndiHome sudah masuk ke area pemukiman warga di sini. Jadi tinggal menyambungkan antar kabel dari tiang listrik terdekat. Belum lagi petugas yang selalu siap siaga dihubungi selama 7 hari dan 24 jam oleh para pelanggan ketika terjadi kerusakan atau kesalahan teknis.

Yuk sobat jangan pernah berhenti untuk menularkan indahnya berbagi dari apa yang kita miliki. Mari sebarkan semangat selalu berbagi kebaikan meski dimulai dari rumah, ya!

  • No Comments
  • April 11, 2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *