Modem Mifi HKM M22 Mendukung Mobilitas Internet Lancar

Sambut Tahun Baru dengan ExpertBook Detachable yang Portabel dan Fleksibel


Nggak terasa ya 2023 tinggal hitungan minggu lagi. Kalo ditanya apa nih resolusi kamu di tahun lalu yang belum tercapai? Lalu bicara tentang harapan, target apa saja yang ingin kamu wujudkan tahun depan? Pastilah setiap orang punya pencapaian yang berbeda-beda. Kalo aku ditanya resolusi tahun depan sih nggak muluk-muluk ya. Salah satunya adalah ingin membeli laptop baru. Kebetulan yang lama sudah rusak dan tak tertolong lagi. Meski dibawa ke tukang servis, tetap saja solusinya harus direparasi dengan mengganti alat yang baru. Padahal biaya untuk mengganti alatnya sama saja dengan membeli laptop baru. Apalagi dengan karier aku sebagai bloger yang mengharuskan didukung dengan piranti yang mumpuni untuk bekerja. 

Tapi terkadang keraguan hinggap di dalam pikiran. Seringkali masih galau dan menimbang baiknya beli laptop atau tab baru, ya? Kenapa tidak keduanya tapi laptop saja sudah berat apalagi jika ditambah dengan tab. Nah, kebetulan salah satu wishlist ku ini seperti didengar oleh Tuhan. Sepertinya mestakung (semesta mendukung) jawaban dari penantian panjangku selama ini. Ternyata ada lho laptop yang bisa dicopot jadi tab dan sebaliknya ada juga tab yang dipasang kembali menjadi laptop. Bukan ASUS namanya jika tidak terus berinovasi. ASUS baru saja merilis produk terbarunya yang diberi nama ExpertBook B3000 yang merupakan laptop detachable yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform pertama di Indonesia. Berbeda dengan laptop pada umumnya, Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform ini merupakan prosesor yang menggunakan arsitektur ARM yang dikenal sangat hemat daya sehingga dapat memanjakan penggunanya selama seharian penuh.

Ditenagai dengan Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2



ExpertBook B3000 ini sudah dibekali dengan Qualcomm® Adreno™ GPU 618 sebagai chip grafis yang terintegrasi. Meski memiliki performa yang dapat diandalkan untuk aktivitas sehari-hari, chip grafis Qualcomm® Adreno™ GPU 618 tetap tampil sangat efisien saat bekerja dan memungkinkan ExpertBook Detachable untuk dapat beroperasi menggunakan baterai dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Meski menyajikan pengalaman penggunaan mirip dengan perangkat mobile atau tab, namun imej dari ExpertBook B3000 tetap lahir sebagai laptop karena sudah ditenagai oleh sistem operasi Windows 11. Sistem operasi terbaru tersebut memungkinkan tipe ExpertBook tersebut untuk dapat menjalankan berbagai aplikasi penunjang produktivitas sehari-hari sehingga memastikan aktivitas penggunanya dapat berjalan tanpa hambatan yang berarti.

Piranti yang Portabel sekaligus Fleksibel



Keunggulan utama dari ExpertBook B3000 tentu saja terdapat pada portabilitas dan fleksibilitasnya. ExpertBook B3000 didesain sangat praktis dan ringan, dimana bobot hanya 590 gram serta ketebalan hanya 0,9 cm. Hal ini dapat dilihat saat hands on beberapa waktu lalu ketika acara Media Gathering bareng Bloger, Tech Reviewer dan Komunitas yang bertrmpat di Aloft Hotel, Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Ketika memegangnya langsung ketika device diangkat dari segi bobot serta dimensi, B3000 memang sangat portabel serta mudah untuk dibawa bepergian.

Menggunakan desain detachable, ExpertBook B3000 dapat digunakan secara fleksibel sebagai tablet maupun laptop. Keyboard ExpertBoard yang telah disediakan di paket penjualannya memungkinkan pengguna ExpertBook B3000 menggunakan sistem magnet sehingga mudah untuk dicopot dan dipasang kembali. Keyboard tersebut juga dirancang dengan nyaman untuk digunakan dengan key travel 1,5 mm. Sementara di bagian belakang bodinya terdapat ExpertStand cover yang berfungsi sebagai pelindung sekaligus dudukan agar ExpertBook B3000 dapat digunakan layaknya sebuah laptop. Menariknya lagi, ExpertStand cover memiliki dua mode dudukan yang memungkinkan ExpertBook B3000 dapat digunakan secara vertikal maupun horizontal.


Seperti diketahui ExpertBook B3000 juga telah menggunakan layar sentuh (touchscreen) sehingga penggunanya dapat dengan mudah melakukan navigasi saat digunakan sebagai tablet. Melengkapi fitur layar sentuhnya dilengkapi sebuah stylus yang dapat disimpan langsung di kompartemen khusus pada bodi ExpertBook B3000. Saat disimpan di kompartemennya, stylus otomatis melakukan pengisian daya. Pengisian dayanya juga sangat cepat yaitu hanya butuh 15 detik untuk penggunaan selama 45 menit.

Selain memiliki kamera yang ditempatkan sejajar dengan layar seperti laptop pada umumnya, ExpertBook B3000 juga dilengkapi dengan kamera tambahan yang menghadap ke bagian belakang layarnya. Kamera dengan resolusi 13MP tersebut memungkinkan pengguna ExpertBook B3000 untuk dapat mengambil gambar dan merekam video secara lebih mudah seperti halnya menggunakan smartphone. 

Fitur Komplit untuk Belajar dan Bekerja



ASUS ExpertBook B3000 merupakan laptop yang sangat tepat untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, seperti para pekerja kantoran dan pelajar. Apalagi yang berkarier sebagai freelancer misalnya saja seperti bloger dan konten kreator. Untuk mendukung kegiatan sehari-hari penggunanya, ExpertBook B3000 dilengkapi berbagai fitur mutakhir yaitu AI noise cancellation. Fitur tersebut memungkinkan suara bising dapat diredam oleh sistem berbasis kecerdasan buatan (AI), sehingga pengguna laptop ini dapat berkomunikasi lebih lancar saat mengikuti sesi online conference atau online meeting. Pengguna ExpertBook B3000 juga dapat mematikan mikrofon dengan mudah melalui tombol khusus yang terdapat di keyboard-nya.

Tidak hanya sistem audio-nya, kamera ExpertBook B3000 juga dirancang agar penggunanya lebih nyaman saat dalam sesi visual video. Kamera ExpertBook B3000 telah dilengkapi dengan teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) yang memungkinkan sistem untuk mengurangi noise pada kamera secara signifikan. Teknologi tersebut juga membuat tampilan pengguna ExpertBook B3000 saat melakukan video conference menjadi lebih jernih dan terang meski dilakukan pada kondisi minim cahaya.

Memudahkan penggunanya, ExpertBook B3000 juga telah dilengkapi dengan WiFi yang didukung oleh teknologi ASUS WiFi SmartConnect. Teknologi tersebut memungkinkan ExpertBook B3000 secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi dengan kualitas koneksi dan sinyal terbaik. Selain itu, pengguna ExpertBook B3000 juga dapat memanfaatkan Bluetooth® 5.1 yang terdapat di laptop ini untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti wireless mouse atau headphone.

Aman Bagi Kesehatan Penggunanya 


ExpertBook B3000 hadir dengan layar sentuh 16:10 (1920 x 1200) dan telah tersertifikasi low blue light  oleh TÜV Rheinland. Artinya, layar ExpertBook B3000 memiliki emisi radiasi cahaya biru yang minim sehingga tidak merusak kesehatan mata dalam jangka waktu panjang. Spesifikasi layar tersebut sangat penting khususnya bagi pelajar dan pekerja yang bisa menggunakan ExpertBook B3000 dalam jangka waktu panjang dalam kegiatan sehari-harinya.

Keyboard ExpertBoard di ExpertBook B3000 juga telah dilindungi oleh ASUS Antibacterial Guard, yaitu lapisan pelindung berbahan khusus yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri berbahaya hingga 99% dalam waktu 24 jam. ASUS Antibacterial Guard telah diakui secara internasional dan tersertifikasi ISO 22196. ASUS Antibacterial Guard memastikan ExpertBoard yang merupakan bagian yang paling banyak disentuh oleh pengguna ExpertBook B3000 untuk dapat selalu steril dan tidak menjadi sarang bakteri berbahaya.

Harga dan Ketersediaan 

Buat yang sudah penasaran sama harga yang dibanderol untuk 1 unit ExpertBook B3000 lengkap dengan keyboard ExpertBoard, stylus dan ExpertStand cover nya adalah Rp 7,399,000. Rasanya tidak berlebihan ya? Mengingat masih terjangkau rata-rata dengan tipe sejenis di kelasnya.

Berikut spesifikasi lengkap dari ASUS ExpertBook B3000 Detachable


ASUS Expert Warranty

Setiap pembelian laptop ASUS ExpertBook B3000  yang didistribusikan secara resmi di Indonesia otomatis akan mendapatkan garansi perbaikan 1 tahun. Namun garansi ini berlaku apabila kerusakan yang terjadi bukan karena kelalaian pengguna. Selain garansi resmi tersebut, ASUS melengkapi layanan untuk pengguna laptop ExpertBook B3000 dengan memberikan ASUS Expert Warranty. 

Program ASUS Expert Warranty hadir dengan keuntungan utama yaitu tanggungan 80% biaya spare-part untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna satu kali di tahun pertama. Melalui program ASUS Expert Warranty, pengguna ExpertBook B3000 dapat lebih terlindungi dari kemungkinan terjadinya kerusakan yang tidak disengaja.

Jadi, bagaimana menurut teman-teman apakah ASUS ExpertBook B3000 Detachable ini masuk wishlist kalian untuk ganti laptop di tahun depan? Semoga saja tulisan ini dapat menjadi salah satu referensi buat kamu ya buat upgrade gawai kesayangan. Aamiin.

Oia, aku punya pengumuman menarik nih genkz yang sayang buat kamu lewatkan. Jadi ASUS punya komunitas Tiktok & Instagram yang disingkat ATOM Community! Rasakan sendiri beragam benefit yang ditawarkan seperti akses eksklusif untuk peluncuran produk terbaru dari ASUS, kompetisi internal khusus komunitas dan masih banyak lagi yang lain.

Buruan gabung yuk! Cara daftarnya mudah banget. Cukup buka Zencreator.ID dan registrasi keanggotaan. Selanjutnya klik ATOM Community, isi form yang tersedia dan voila tinggal tunggu konfirmadsi dari pihak ASUS. Untuk info lebih lanjut bisa pantengin tautan berikut: https://www.instagram.com/p/CllLrgaNpQ0/


Komentar