Modem Mifi HKM M22 Mendukung Mobilitas Internet Lancar

Geliat Qlue Kembangkan Teknologi AI dan Deep Learning Untuk Wujudkan Smart City


kolaborasi-qlue-dan-nvidia-kembangkan-smart-city
Dokumentasi Pribadi

Hai sobat techno,

Tahukah kalian bahwa saat ini kita sudah memasuki Industry 4.0?
kolaborasi-qlue-dan-nvidia-kembangkan-smart-city
sumber: forbes.com
Di era revolusi Industri jilid keempat tersebut teknologi komputerisasi dan kemampuan robotik telah bergeser ke hal yang berbau big data, dimana digunakan sebagai perangkat data science dan kecerdasan buatan (AI). Tak pelak hal tersebut memicu tumbuhnya banyak start- up atau perusahaan rintisan berbasis teknologi di seluruh dunia. Tak terkecuali Indonesia.


kolaborasi-qlue-dan-nvidia-kembangkan-smart-city
Qlue Jakarta Smart City (sumber: medcom.id)

Kalau ada yang pernah mendengar tentang
Qlue? Sebuah perusahaan yang didirikan tahun 2016 di Jakarta dimana bekerja berdampingan dengan pemerintah Jakarta dalam menerapkan model smart city pertama di Indonesia. Hingga akhirnya sekarang berdiri sendiri dan mengelola inovasi produk dan kerja sama di pelbagai lini, diantaranya terdapat di sektor keamanan, kota mandiri, pemerintahan, penanggulangan pasca bencana, industri dan lain sebagainya dengan banyak kemitraan baik di sektor pemerintahan maupun swasta di seluruh Indonesia.

Nah, untuk itu beberapa waktu lalu Qlue bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memiliki komitmen penuh dalam meningkatkan pengembangan smart city untuk mempercepat perubahan yang lebih positif menuju “Indonesia Smart Nation”. Sebagai bagian dari upaya tersebut keduanya kemudian bersinergi mendeklarasikan Smart Citizen Day  pada Kamis (28/3) yang berlokasi di The Tribata, Grand Opus Ballroom di bilangan Dharmawangsa, Jaksel.

kolaborasi-qlue-dan-nvidia-kembangkan-smart-city
Jajaran tertinggi dari Qlue

Belum genap 2 bulan, Qlue sebagai pemimpin pasar dalam teknologi dan ekosistem smart city di Indonesia baru-baru ini kembali mengumumkan kerja samanya (mutual respect) dengan pihak NVIDIA Inception Program. NIP adalah sebuah program akselerator untuk perusahaan rintisan teknologi (start up) berbasis deep learning dan intelejensia buatan (Artificial Intelligence) dalam upaya inovasi teknologi untuk mewujudkan Indonesia sebagai bangsa pintar atau Indonesia Smart Nation.

Berlokasi di Restoran Senyum Indonesia di bilangan Teluk Betung, Jakpus di hadapan rekan media dan bloger kesepakatan kerja sama tersebut diberitahukan. Acara yang berlangsung Kamis petang lalu (9/5) sekaligus menghadirkan beberapa narasumber meliputi jajaran tertinggi dan manajemen Qlue serta pihak NVIDIA dari sambungan SKYPE/ Teleconference.

Nvidia Inception merupakan program akselerator virtual untuk perusahaan rintisan teknologi yang bertujuan untuk mengembangkan perusahaan rintisan berdedikasi dan berpotensi tinggi yang merevolusi industri melalui teknologi AI dan data science. Setiap start up yang bergabung dalam program ini akan mendapatkan berbagai keuntungan yang berkelanjutan dimulai dari pelatihan (trainings) dengan para expert (pakar), program hibah untuk perangkat keras (hardware) serta dukungan pemasaran.


kolaborasi-qlue-dan-nvidia-kembangkan-smart-city
Sesi Tanya Jawab pihak Qlue dan NVIDIA (dokpri)
Mas Rama Raditya sebagai salah satu Founder sekaligus CEO dari Qlue mengatakan melalui Nvidia Incepetion program ini akan membantu pihaknya dalam menyatukan berbagai pengetahuan teknis dan bisnis dalam memberikan solusi artificial intelligence dan deep learning, yang telah tersedia sebelumnya dalam Qlue. Dengan adanya dukungan NVIDIA diharapkan akan lebih mengoptimasi teknologi Qlue yang telah ada sebagai bagian dari solusi smart city. Program ini akan membuka akses ke ahli-ahli deep learning, dukungan GPU dan software NVIDIA, memberikan pelatihan dari NVIDIA Deep Learning Institute dan didukung pula oleh tim marketing (tenaga pemasaran) yang mumpuni agar manfaatnya dapat dirasakan sebaik-baiknya dalam pengembangan Qlue.

Melalui kerjasama tersebur Qlue sebagai perusahaan teknologi layanan ekosistem smart city terlengkap di Indonesia akan memanfaatkan ragam inovasi teknologi Qlue dalam memberikan solusi secara real-time sehingga dapat memberikan analisa dan rekomendasi untuk pengambil kebijakan, baik itu di tingkat pemerintahan maupun sektor swasta.

Qlue menawarkan berbagai solusi teknologi berbasis artificial intelligence dan deep learning seperti QlueVision sebagai solusi analisa video berbasis artificial intelligence untuk mengidentifikasikan plat nomor (nopol) kendaraan. Dengan adanya QlueVision tersebut telah membantu berbagai pemerintahan kota/ kabupaten, badan pemerintah, dan perusahaan untuk bekerja lebih efisien dan mengurangi kesalahan manusia secara signifikan.

Sementara itu dari jarak jauh melalui video conference Pak Budi Harto selaku Senior Manager Channel and Alliances untuk area Pacific South dari Nvidia menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik dan mendukung Qlue dalam pengembangan produk berbasis AI dan deep learning tersebut. Selain itu Nvidia merasa perlu memberikan apresiasi atau angkat topi kepada Qlue karena telah menjadi pionir untuk mewujudkan smart city (kota pintar) di Indonesia tentu saja dengan berbagai pilihan teknologi dan pengetahuan dari Nvidia. Besar harapan kerja sama yang terjalin oleh kedua belah pihak menunjukkan komitmen dari Nvidia untuk mendukung berbagai produk dan bisnis Qlue untuk mengembangkan ekosistem smart city di Indonesia.

Selain itu dukungan dari Nvidia juga akan membantu Qlue untuk berekspansi ke pasar baru (new market) dan memastikan teknologi artificial intelligence yang dikembangkan oleh Qlue menjadi yang terdepan dalam solusi dan ekosistem smart city. Mas Rama menambahkan jika Qlue dibangun untuk mewujudkan gagasan smart city di Indonesia. Melalui program Nvidia Inception paling tidak akan membantu percepatan terealisasinya wujud kota pintar di Indonesia dengan memaksimalkan seluruh potensi Qlue yang akan memberikan peningkatan nilai untuk perusahaan, investor, dan masyarakat untuk mempercepat perubahan yang lebih positif dan menjadikan Indonesia smart nation.

Komentar