Modem Mifi HKM M22 Mendukung Mobilitas Internet Lancar

Serunya Belanja Pintar Produk Lokal di Pasar Idea 2019

belanja-pintar-produk-lokal-pasar-idea-2019
Festival Belanja Online to Offline yaa Cuma Di sini

Sebelumnya ku ingin ucapkan Dirgahayu Indonesia ke 74! Semoga Indonesia semakin maju dan terus memiliki SDM Unggulan.

Hmm, ada yang berbeda dari perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 74. Jika tahun lalu kita lewatkan dengan menyambut gegap gempita euforia gelaran pesta olahraga terbesar se Asia, dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya. Ngga jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana setiap hari kemerdekaan tiba pastilah ada upacara pengibaran bendera merah putih dan berbagai perlombaan yang memeriahkan momen Tujuh Belasan.

Tahun ini kebetulan tanggal 17 jatuh pada hari Sabtu dan banyak orang yang libur bekerja. Semua orang tentulah menyambutnya dengan suka cita. Tidak terkecuali termasuk aku. Akhir pekan ku sedikit berbeda dari biasanya. Lazimnya kalo weekend time diisi dengan kegiatan jalan-jalan dan hang out yang gitu-gitu aja. Tetapi kali ini justru banyak faedah yang bisa ku temukan dari aktifitasku di hari Sabtu dan Minggu yang lalu.

belanja-pintar-produk-lokal-pasar-idea-2019

Sebagai seorang yang doyan jalan-jalan dan datang ke suatu acara atau istilahnya event goers wajib hukumnya buat ku hadir ke suatu pameran atau eksibisi satu ini. Walaupun orang lain bilang ahh biasa aja tapi buat aku ooh ini spesial banget.

Dalam rangka memperingati Hari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Nasional yang jatuh tanggal 12 Agustus kemarin Pasar Idea kembali digelar. Dengan tema festival belanja online to offline acara ini dihelat sejak tanggal 15-18 Agustus 2019 yang dimulai dari pukul 10:00 hingga 21:00 wib di Hall A dan B Jakarta Convention Centre, Senayan Jakpus.

Festival Belanja Pasar Idea 2019

Pasar idEA terselenggara dan didukung penuh oleh Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA) bekerja sama dengan PT Traya Eksibisi internasional. Pasar idEA 2019 kali ini sekaligus jadi momentum bagi pelaku industri e-commerce yang terkoneksi secara lebih real dengan para pelanggan. Serta memperkuat hubungan untuk membangun kepercayaan lewat banyak kegiatan atraktif seperti games menarik, talkshow dengan narasumber terpercaya, workshop dengan para pelaku usaha binaan dan loyalty program bagi pelanggan berharga. Dengan begitu bukan tidak mungkin akan meningkatkan customer engangement yang berpengaruh terhadap loyalitas para pelanggan tercintanya.

belanja-pintar-produk-lokal-pasar-idea-2019
Ethnic Vibes

belanja-pintar-produk-lokal-pasar-idea-2019
Bibbobs
Gelaran yang menargetkan 120.000 pengunjung selama empat hari tersebut turut menghadirkan sekitar 250 peserta pameran yang terdiri dari para unicorn, pelaku usaha e-commerce, perusahaan logistik dan pengiriman, serta UMKM dengan produk lokal yang terkurasi di area khusus LokalGood.

Melihat pertumbuhan pelaku UMKM di tanah air, di tahun 2014 yang lalu tercatat hanya sekitar 1,56 persen masyarakat yang berprofesi sebagai pelaku usaha kecil dan menengah. Angka ini naik menjadi 3,1 persen di tahun 2017 dan meningkat 4 persen di akhir 2018.

belanja-pintar-produk-lokal-pasar-idea-2019
Bro.do Footwear salah satu produk UMKM Lokal Kebanggaan Indonesia

Sementara untuk 2019, pemerintah melalui kementerian menargetkan angka tadi bisa tumbuh 1 persen lagi sehingga sebanyak 5 persen dari total 269 juta penduduk Indonesia merupakan pelaku UMKM. Sudah sejak lama diperkenalkan kepada konsumen seiring menjamurnya industri kreatif di tanah air, transaksi ekonomi digital juga harus semakin populer di kalangan pegiat UMKM. Hal ini menjadi angin segar. Dengan begitu menunjukkan keberpihakan para pelaku usaha e-commerce terhadap produk lokal terutama umkm di Indonesia.

Target ke depan pada 2020 bukan hal yang mustahil ada lebih dari separuh penduduk Indonesia diperkirakan akan terlibat dalam aktivitas transaksi e-commerce baik itu sebagai penjual maupun pembeli. Hal tersebut seperti diungkapkan, “Pasar idEA telah menjadi ajang kopdaran akbar pelaku usaha e-commerce dengan para pelanggannya melalui pendekatan program yang menarik yang bertujuan membangun keterlibatan dan kepercayaan konsumen,” ujar Presiden Direktur Traya Eksibisi Internasional, Bambang Setiawan.

Pengalaman Berbelanja Produk Lokal Citarasa Global

belanja-pintar-produk-lokal-pasar-idea-2019
Blibli Travel Fair
Beragam promo spesial untuk belanja multi produk ditawarkan beberapa pemain e-commerce Indonesia guna menarik segmen milenial sebagai pelaku belanja online terbesar 64%. Blibli.com dalam kesempatan ini mengadakan Blibli Travel Fair, festival travel offline yang menawarkan berbagai produk pariwisata dengan diskon hingga 80%, baik untuk paket perjalanan domestik maupun internasional. Sebagai wujud komitmen dan konsistensi mendukung pelaku usaha kreatif tanah air dan UMKM, Blibli.com juga menghadirkan produk-produk lokal dari kategori Galeri Indonesia, serta produk karya finalis The Big Start ajang kompetisi tahunan untuk UMKM kreatif lokal.

Misalnya saja kalau kamu belanja produk olahan pangan atau pakaian dan aksesoris (clothing) gitu. Sebelum kalian berburu jangan lupa unduh semua e-commerce nya dulu. Banyak tawaran menarik yang sayang buat dilewatkan. Kayak aku gini pas lagi asik muter dari satu booth ke booth satu per satu di masing-masing zona.

belanja-pintar-produk-lokal-pasar-idea-2019
Koekis keren

Surprise banget! Aku sampe terkaget-kaget. Pas dikasih unjuk sampel snek untuk dirasain. Mmm rasanya bener-bener istimewa. Ternyata produk lokal juaraa!! Selain itu dari segi harga bisa dikatakan sangat terjangkau. Aman bangetlah buat di kantong para pengunjung. Bayangin aja snek atau penganan yang aku pegang ini. Pastilah kalo dari segi kemasan kita mikir berapa yaa harganya ini?

Bolak-balik ditawarin buat icip rasa yang ini dan itu sama penjual dan dilayanin langsung dari para owner nya. Pas tanya harganya bener deh bikin aku kok ngga percaya. Hah kok bisa? Padahal dari segi jumlah, isi komposisi bahan rasa-rasanya ngga mungkin deh. Mustahil! Belum lagi dari segi kemasan. Awalnya ragu ku mikir ini apa ngga bakalan rugi dijual dengan harga segini?

belanja-pintar-produk-lokal-pasar-idea-2019
Berbincang dengan Owner dari Roelli Koekis Keren
Khusus untuk di pasar idea, varian kuker atau kue kering dengan merek Koekis Keren 3 pcs ini dijual dengan harga 50 ribu. Dalam rangka menyambut Dirgahayu Republik Indonesia ke 74 bisa dapat potongan lagi sebesar 17% terus kalo kamu punya aplikasi belanja dari Blibli harganya masih dikurangin lagi senilai 30 ribu. Jadi kalo dihitung-hitung untuk 3 pcs kue kering ini kita cukup keluarin kocek 20 ribu aja. Wagelassih!!

Belum lagi yang ini. Aku tahu banget kalo Granola tuh baik dan bermanfaat banget dong buat kesehatan. Kalo pesan olahan pangan yang berisikan kacang-kacangan di hari biasa satu toplesnya terbilang mahal, yaitu sekitar hampir 70 ribu. Memang sih sekarang produknya jadi mudah dicari secara online. Nah, khusus di Pasar Idea, store mereka memberikan promo spesial dan ngga tanggung-tanggung kita hanya mengeluarkan kocek 19 ribuan saja. Wow! Kapan lagi kita bisa beli produk sehat dan berkualitas dengan harga yang lebih murah. Dengan banyak pilihan rasa, dari mulai dari chocolate, cashew banana hingga mixed fruit.

belanja-pintar-produk-lokal-pasar-idea-2019
El Granola
Selain itu juga Lazada ingin mempermudah mereka yang ingin memulai usaha sebagai penjual atau seller dengan program Daftar Jadi Seller Online Ga Sampai 1 Menit. Sedangkan Tokopedia sendiri menebar voucher diskon hingga 90% di merchant tertentu. Beberapa perusahaan logistik dan jasa pengiriman juga memberikan kesempatan kepada pengusaha-pengusaha baru untuk menjadi mitra bisnisnya.

Perusahaan jasa pengiriman seperti J&T, Lion Parcel, Ninja Express, Tiki, JNE, Lalamove pun tak kalah seru memanjakan pengunjung dengan layanan free ongkirnya beserta kemudahan lain.

Jadi ngga ada alesan lagi deh untuk ngga dateng ke sini. Aku aja udah nyobain langsung sendiri. Selain belanja belanji shopping spree kamu juga bisa ikutan berbagai activity menarik lainnya. Berhubung ini adalah hari pameran terakhir ku bisa dapet banyak promo-promo menarik yang lebih super lagi dari produk-produk umkm yang ada di sini.

belanja-pintar-produk-lokal-pasar-idea-2019
Produk alat makan Kandara Studio
Ku tunggu deh kalian buat ngeborong lagi. Ajak temen-temennya, keluarga, saudara, pasangannya. Kalo perlu mantannya juga gpp ke Pasar Idea. Harga tiket masuknya cukup rasional 35 ribu rupiah aja. Tapi kalian bisa tukerin sama voucher makan dan dapet gimmick-gimmick seru lainnya. Malah kalo beruntung udah kalap belanja bisa ikutin games-games seru dan bawa pulang hadiahnya. Khusus dua hari terakhir event nya malah justru tidak dipungut biaya sepeser pun alias digratiskan masuknya.

Kapan lagi kan bangga sama produk sendiri? Yang punya cita rasa lokal rasa global. Karna sekarang udah saatnya Lokal goods atau produk lokal punya tempat yang sama di hati masyarakat dan ngga kalah bersaing dengan produk komersial yang ada di pasaran. Dengan membeli produk lokal berarti kita jadi bangga sama potensi yang dimiliki anak negeri. Itu artinya kita juga turut berpartisipasi menjadi perpanjangan tangan dengan mendukung wirausaha supaya geliat UMKM semakin terangkat dan meningkat kualitasnya.

Konsep Pasar Idea Harus Ditiru

belanja-pintar-produk-lokal-pasar-idea-2019

Asosiasi E-Commerce Indonesia atau idEA kepanjangan dari Indonesian E-Commerce Association) yang merupakan wadah komunikasi antar pelaku industri E-Commerce Indonesia. Didirikan pada bulan Mei 2012 di Jakarta oleh 9 perusahaan besar e-commerce yang ada di Indonesia, yaitu Berniaga.com; BHINEKA.com; BLANJA.com; Blibli.com; Gramedia.com; Kaskus.com; Multiply.com; OLX.co.id; dan Tokopedia.

Salah satu tantangan di industri e-commerce selama ini adalah masih kurangnya kepercayaan (trustmasyarakat untuk terlibat dalam transaksi perdagangan secara elektronik (online). Selain menyasar milenial, perlu juga upaya lebih mempopulerkan belanja online bagi konsumen yang belum tersentuh. Jumlahnya terbilang cukup menarik. Menurut data survei yang diperoleh APJII saja bahwa dari 171,17 juta jiwa pengguna internet aktif, sebanyak 56% atau 95,76 juta jiwa dan faktanya masih belum pernah berbelanja online.

belanja-pintar-produk-lokal-pasar-idea-2019
Salah satu booth e-commerce yang bisa ditemui di Pasar IdEA
Menurut hemat saya konsep idEA tersebut hadir sebagai jembatan untuk menjalin hubungan yang baik antar pemain dalam industri dengan para mitra industri secara berkesinambungan, termasuk diantaranya dengan pemerintahan dalam hal regulasi yang berkaitan dengan kepentingan industri, maupun dengan asosiasi lain yang secara langsung menjadi salah satu elemen penting dalam pengembangan ekosistem industri e-commerce. Dengan begitu otomatis akan terbentuk masyarakat non tunai atau cashless society di kemudian hari.

Besar harapan semoga di tahun-tahun selanjutnya event festival belanja online-to-offline ini akan jauh lebih menarik lagi. Dengan tawaran promo yang menggiurkan, kreatifitas unik, cerita seru dan dukungan para sponsor serta penyelenggara acara dalam menyelenggarakan Pasar Idea.

Be a smart shopper and good seller guys

Komentar