Bahagianya Main Happiness Race di Kota Tua Jakarta Bersama HappyOne


Quotes “Kalau ditanya sudahkah kamu bahagia hari ini? Tahukah kamu dengan banyak bersyukur bertambah pula berkah yang akan kau dapat”

Ketika ditanya apa sih definisi bahagia menurut definisi kamu? Jawabannya pasti beraneka ragam. Ada yang memaknainya dengan berbagi cerita bersama teman, berkumpul bersama keluarga, bahagia dengan berkarya, baru merasakannya ketika dicintai dan dihargai bahkan adapula yang bahagia karena belajar dari kesalahan, dengan rajin memberi dan masih banyak lagi yang lain.

Kalau menurut saya secara pribadi definisi bahagia itu sesederhana menjadi diri sendiri dan selalu diberi kesehatan oleh Tuhan. Mungkin bagi sebagian orang arti bahagia menurut mereka ketika diberikan harta berlimpah dan jabatan strategis di tempat kerjanya. Padahal itu semua hanyalah titipan dan bersifat sementara di dunia. Tapi balik lagi kembali pada pribadinya masing-masing.

Padahal manusia lupa jika bentuk kebahagiaan itu sederhana. Bayangkan ketika kita bangun tidur dan membuka mata diberi kesempatan menikmati udara secara cuma-Cuma. Oksigen yang kita hirup dan hembuskan selama ini  adalah ciptaan dari Dzat yang Maha Kuasa. Bisa dibilang bernapas merupakan kebahagiaan yang hakiki. Manusia sudah sepatutnya bersyukur sebab diberikan segalanya dengan lengkap oleh Tuhan. Ingat saat diri kita sehat maka kita dapat melakukan aktivitas apa saja tanpa hambatan.

Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan wahai manusia?

Saat akhir pekan berbeda dengan hari biasanya. 2 hari dalam sepekan kita diberikan dispensasi untuk rehat dari kesibukan pekerjaan yang menyita waktu kita. Maka itu pergunakanlah dengan sebaik-baiknya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisinya. Mulai dari istirahat di rumah, berolahraga hingga pergi ke luar untuk jalan-jalan.

Hal inilah yang menginisiasi HappyOne sebagai produk proteksi terpercaya bagi seluruh nasabah setianya untuk selalu peduli terhadap diri sendiri dan sekitarnya secara lebih nyata. Mereka memaknai konsep bahagia yang sesungguhnya dengan cara berbeda. Berhubung sekarang ini zamannya kolaborasi dan berinklusi, dengan menggandeng perusahaan media berbasis newstainment Viva.co.id menggelar event yang membahagiakan bertajuk Vivalova Happiness Race yang merupakan kepanjangan dari Viva’s Blogger On Vacation. Sederhananya Blogger Viva jalan-jalan gitulah dan kali ini bertemakan tentang Happiness Race.

Pada acara yang dimulai sejak pagi kita diajak untuk menyusuri kawasan wisata Kota Tua dan sekitarnya dengan konsep semacam Amazing Race. Konsep yang diusung terbilang unik karena dikemas menarik dengan balutan kompetisi sehat namun tanpa kita sadari lewat acara semacam ini ternyata memiliki tujuan baik lain selain tentunya bikin kita happy antara lain memperoleh banyak pengalaman, pengetahuan dan sensasi tak terlupakan. Sisanya ragam hadiah yang disediakan oleh panitia baik secara per orangan maupun kelompok (per team). 

Asyiknya lagi dikarenakan event ini diadakan di luar ruangan (outdoor), seluruh peserta tercover perlindungan dari HappyOne.id tanpa terkecuali. Hal ini bukan tanpa alasan seperti sedia payung sebelum hujan pihak HappyOne ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada para peserta sekaligus jadi belajar dan praktik langsung mengenai beberapa produk yang ditawarkan HappyOne. Ketidakpahaman kita selama ini tentang stigma konsep asuransi harus diedukasi agar terliterasi.

Acara yang berlokasi di Kafe Historia, Kota Tua ini dimulai sejak pukul 10 pagi diawali dengan proses registrasi ulang dan breakfast para peserta. Setelah perut terisi giliran kepala juga perlu diisi dengan talkshow dari pihak HappyOne terlebih dahulu. Kata sambutan dibuka oleh pihak HappyOne yaitu Bapak L. Iwan Pranoto selaku Head of Communication & Event Asuransi Astra serta Ibu Lusi Liesdiani sebagai Senior Vice President Digital Channel Asuransi Astra. Materi yang disampaikan oleh kedua narasumber cukup jelas dan berisi  seputar produk-produk HappyOne.id seperti HappyMe, HappyHome, HappyEdu dan HappyTrip. Pada akhirnya dari situ saya pun seperti mendapat pencerahan dan mulai melek asuransi.

Untuk proses pengajuan aplikasinya sendiri terbilang cepat. Hanya cukup dengan isi biodata dan memilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan kita di website HappyOne.id hingga tahap akhir. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembayaran polis yang dilakukan dengan dua cara yaitu melalui transaksi mobile atau e-banking atau secara virtual melalui Permata Me. Setelah semua selesai dan disetujui barulah kita menerima notifikasi berupa nomor e-polis dan nominal pertanggungan yang kita terima melalui email. Selain itu kita juga menerima asuransi dalam wujud aseli yang akan kita terima via pos ke rumah. Paling lama 3 hari polis dalam bentuk hard copy ini akan diterima sekaligus asuransi akan otomatis aktif dapat digunakan.

Rundown

Tanpa perlu panjang dikali lebar sama dengan luas acara inti pun dimulai. Segala persiapan dilakukan temasuk kelengkapan amunisi para peserta race seperti membawa ponsel atau gawainya masing-masing komplit dengan powerbank, kacamata hitam (sun glasses), sunblock atau tabir surya serta payung atau jas hujan untuk melindungi para peserta dari cuaca yang serba stidak menentu.



“Travel is the healthiest addiction”

Sebanyak 50 orang peserta dibagi ke dalam 10 kelompok. Jadi 1 tim berjumlah 5 orang. Saya sendiri berada pada kelompok buncit yaitu masuk ke dalam kelompok 9 dimana beranggotakan 2 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Setiap 3-4 tim dipandu oleh seorang travel guide dari Komunitas Jelajah Jakarta @jktgoodguide. Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka ta’aruf. Hehe. Kami yang sama-sama belum saling mengenal satu sama lain sebelumnya dipersatukan dalam kelompok tersebut. Kecuali ada seorang laki-laki yang merupakan teman dekat saya.

Kota Batavia dahulu dikenal sebagai Mutiara dari timur. Dibangun mirip seperti di Belanda. Kota Batavia berada di Stasiun Kota kurang lebih 4 meter di atas permukaan laut. Seni bangunan art deco. Art nuovo bangunan sejarah yang memiliki nilai arsitektur modern. JP Coen yang dikenal kejam mengatakan bahwa bendera yang berkibar di tiang berarti sudah membayar pajak.

Tahun 1975 di bawah kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin barulah sebagian Museum Fathahilah diresmikan. Setiap zona kita diminta mengabadikan momen yang mewakili keempat produk perlindungan HappyOne yaitu:

  1. HappyMe berupa foto diri atau selfi yang menunjukkan ekspresi senang atau  bahagia.
  2. HappyEdu berupa foto anak-anak berseragam sekolah atau yang mewakili produk pendidikan anak di usia sekolah.
  3. HappyTrip berupa foto-foto objek wisata kota tua yang bertujuan untuk mengajak teman-teman kenapa harus berkunjung ke sana.
  4. HappyHome berupa foto hall, bangunan atau gedung yang berada di kawasan Kota Tua.
Masuk ke Zona Biru untuk memperoleh amplop yang berisikan petunjuk atau clue yang pertama kali termasuk dibekali uang saku senilai 100 ribu per timnya. Panitia berpesan habis atau tidak habis uangnya harus dicukup-cukupkan.

Zona Magenta. Masuk ke tempat ibadah.

Zona Kuning.

Zona Hijau.

Cuaca hari itu kebetulan sedang cerah berawan. Peluh, cucuran keringat dan teriknya matahari yang menyengat mampu kami lewati. Seakan tak menyurutkan langkah kami menuju ke beberapa destinasi untuk menemukan petunjuk. Kami saling bekerja sama dan menunjukkan kesolidan sehingga fokus tidak terpecah sedikitpun. Melalui bantuan teknologi mesin pencari Google maps kami larut dalam penggalan teka-teki dan mencoba menerjemahkan maksut isi pesan tersebut kemudian. Pada setiap pos kami menerima amplop yang berisikan tantangan dan hadiah yang tak terduga. Berupa mencicipi kuliner khas setempat.

Menyebrangi jembatan hingga bertemu dengan kedai Kopi Es “Tak Kie” di Gang Gloria. Mencicipi Asinan Shanghai untuk pertama kalinya. Berhubung dominan anggota di kelompok kami tidak menyukai seafood (hidangan laut) karena Asinan tersebut berisikan sayur kangkung dan daging gurita serta cumi yang ditaburi dengan olahan kacang dan diberi saus atau kuah kental.

Terakhir menikmati tradisi minum Teh Pantjoran dengan gelas bercorak yang telah turun temurun kemudian membaca kutipan. Berjalan kembali ke tempat semula di Kafe Historia. Then voila we’re just finished. Mission accomplished! Break ishoma sambil posting keseruan kami selama di perjalanan ke sosial media. Kemudian yang terakhir dilanjutkan dengan challenge (tantangan) meramu dan menyajikan bir pletok (minuman khas Betawi) sesuai arahan yang telah diperagakan oleh salah satu Chef dari kafe tersebut. Alhamdulillah di luar dugaan kelompok kami, my lucky dream team 9 memperoleh skor sempurna pada tantangan tersebut. Tak tanggung-tanggung dari skor tersebut ikut mengantarkan kami memperoleh juara ketiga dalam kompetisi Happiness Race.

Komentar

Postingan Populer