Selamat Datang Obor Asian Games 2018 di Tanah Air

obor-asian-games-2018
Sumber: hitekno.com
Tahun 2018 boleh jadi merupakan tahun bersejarah bagi bangsa Indonesia. Kenapa? Masih membekas dalam ingatan kita bagaimana Pilkada (Pemilihan kepala daerah) yang merupakan pesta demokrasi terbesar baru saja selesai diselenggarakan secara serentak di seluruh nusantara beberapa waktu yang lalu. Tak kalah serupa dengan hal tersebut, di tahun ini pula ajang pesta olahraga bergengsi Asian Games sebentar lagi akan berlangsung di tanah air.

Ibukota DKI Jakarta dan kota Palembang, Sumatera Selatan serta beberapa kota di daerah lain mendapat kehormatan menjadi tuan rumah perhelatan ajang olahraga terbesar se Asia tersebut. Sadar atau tidak banyak hal unik dan menarik yang dapat kita ketahui dari Asian Games 2018. Ternyata jika kita melihat Asian Games tahun ini akan dipenuhi dengan angka delapan. Pelaksanaannya sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 18 bulan kedelapan dan juga di tahun 2018. Selidik punya selidik pada tahun ini sudah memasuki Asian Games yang ke 18. Semoga angka delapan tersebut akan membawa keberuntungan dan keberkahan. Amiin

obor-asian-games-2018
Sumber Foto: @SATU_Indonesia
Rasanya hanya tinggal menghitung hari saja, jika tidak ada aral melintang kurang lebih 20 hari lagi Asian Games 2018 dimulai. Persiapan demi persiapan dilakukan demi menyukseskan setiap rangkaian kegiatan dan tahapan pertandingan yang akan dilaksanakan pada pertengahan Agustus nanti. Merinding bulu kuduk jadinya! Semarak kemeriahan menyambut Asian Games semakin kuat terasa dengan tibanya pawai obor (torch relay) di Indonesia. Pulau Jawa terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta memperoleh kehormatan untuk menjadi kota pertama yang disinggahi oleh Api Obor Asian Games 2018.

Menurut panitia penyelenggara Asian Games 2018, pawai Obor Api ini sedianya akan diperuntukkan dalam pembukaan pelaksanaan Asian Games 2018. Obor tersebut menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 7.300 km dari Dhyan Chand National Stadium di New Delhi ibukota negara India hingga tiba di kota pelajar Yogyakarta. Tidak main-main kedatangan obor tersebut secara khusus dan penuh kehati-hatian dibawa dan dijaga menggunakan pesawat bertipe Boeing 737-500 serta dikawal oleh lima pesawat tempur T-50 Golden Eagle milik TNI Angkatan Udara, dan  mendarat dengan selamat di Landasan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta. Obor api tersebut akan berkeliling dari Museum Dirgantara hingga Candi Prambanan untuk disatukan dengan api abadi dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.

obor-asian-games-2018

Nampak Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK RI) Puan Maharani menerima api obor Asian Games 2018 dari atlet bulu tangkis senior Susi Susanti dan atlet tenis senior Yustedjo Tarik pada Konser Torch Relay Asian Games 2018, di Candi Prambanan, Sleman, D.I. Yogyakarta (18/7).
Setibanya di tanah air obor tersebut turut disambut dalam acara Konser Torch Relay Asian Games 2018 yang turut pula dihadiri Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada Rabu lalu (18/7). Kemudian setelah acara usai, sejak Jum'at (20/7), obor mulai dibawa berkeliling ke sebanyak 54 kota di 18 provinsi seluruh Indonesia. Wapres JK mengatakan bahwa penyelenggaraan Asian Games ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk negara Indonesia. “Merupakan kehormatan untuk kita semua, karena kita dipercaya untuk menyediakan infrastruktur dan venue berkaliber dunia. Insya Allah, kita juga mampu menunjukkan prestasi di berbagai cabang olahraga,” ujar Wapres Jusuf Kalla.

obor-asian-games-2018
Sumber: akun sosial media Kemenkopmk 
Banyak perusahaan swasta nasional, multinasional dan BUMN yang bersinergi dalam menyukseskan kegiatan bergengsi tersebut. Salah satunya yang didaulat sebagai Official Prestige Partner Asian Games 2018, PT Astra International Tbk yang berkesempatan turut berpartisipasi dalam torch relay (pawai obor) Asian Games 2018 di 10 kota, yaitu dimulai di kota Solo yang telah berlangsung sejak Jum'at yang lalu, kemudian berlanjut di kota besar lain seperti Denpasar, Mataram, Sorong, Makassar, Banjarmasin, Sumatera Utara, Palembang, Bandung dan berakhir di Jakarta. Torch bearer di 10 kota ini adalah para koordinator wilayah Grup Astra di kota-kota yang bersangkutan, didukung juga oleh ratusan pendukung yang merupakan para pegawai Grup Astra di kota tersebut.

obor-asian-games-2018
Sebagai wujud dukungan menjadi salah satu Official Prestige Partner Asian Games 2018, kantor pusat PT Astra International Tbk turut memeriahkan ajang olahraga terbesar di Asia.
Indonesia diharapkan sukses tidak hanya menjadi tuan rumah saja tapi sekaligus menyumbang banyak medali emas. Namun bertambah pula kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia dengan menjadi juara umum pada ajang olahraga 4 tahunan tersebut. Besar harapan masyarakat pada atlit-atlit pilihan yang akan berlaga dalam memberikan perjuangan terbaiknya dari para wakil anak bangsa dalam perhelatan Asian Games 2018.

Semoga dengan kedatangan torch relay yang diarak di 18 provinsi tersebut akan memberikan semangat yang berkobar seperti api abadi yang terus menyala. Seperti juga semangat para kontingen Indonesia yang akan berjuang mati-matian hingga titik darah penghabisan. Sebagai tuan rumah, momen Asian Games 2018 tersebut sekaligus bertepatan dengan ditandainya Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Berkibarlah benderaku! Sangsaka Merah Putih. Sudah sepatutnya optimisme dan semangat nasionalisme terus melekat di hati sanubari kita.

Ayo kita Sukseskan Asian Games 2018!

Salam Olahraga, Sam's Journal


Komentar

Postingan Populer