Sejumlah Manfaat Serat Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahan yang Tepat

manfaat-serat-bagi-kesehatan
Variasi kombinasi jus wortel dan jeruk (dokpri)

L
ebih baik mencegah daripada mengobati. Pepatah atau istilah ini boleh jadi benar adanya untuk mengingatkan betapa berharganya kesehatan bagi setiap orang. Daripada mengobati setelah sakit lebih baik mencegahnya agar tubuh tidak rentan terhadap penyakit.

Sebenarnya secara tidak kita sadari tubuh manusia memiliki metabolisme dan sistem imunnya masing-masing. Bagaimana cara me mantain kesehatan dengan baik dan benar bergantung pada gaya hidupnya, sehat atau malah masa bodo?

Bicara tentang gaya hidup sehat, banyak orang berpikir sulit untuk menerapkannya dan yang ada di kepala mereka pasti akan menghabiskan biaya besar ketika rutin menjalankannya. Persepsi tersebut salah total! Yuk mulai ubah mind set (cara berpikir) kita dalam menjaga pola hidup sehat.

Caranya tidak susah kok, dengan makan secara teratur, istirahat dengan benar, rutin berolahraga, banyak mengonsumsi air putih, jangan mudah stres dan jauhi asap rokok. Masalah terbesar kaum urban saat ini salah satunya adalah menjaga pola makan. Kehidupan metropolis dan arus modernisasi justru membuat mereka jadi abai bahkan acuh terhadap kebutuhan asupan gizi seimbang. Jika tidak pandai memilah dan memilih akan berakibat pada terganggunya kesehatan.

Meski di tengah kesibukan agenda kegiatan yang padat atau pekerjaan yang menyita waktu tetap saja kita harus pandai mengakali untuk tetap mengonsumsi makanan. Serat merupakan salah satu jenis zat yang terkandung dalam makanan. Seperti halnya buah dan sayuran yang berperan untuk membantu kerja sistem pencernaan. Manusia membutuhkan serat untuk membuat tubuh tetap sehat.

Kandungan serat dalam buah dan sayuran ini dapat membantu proses metabolisme terutama untuk menggiling makanan di dalam usus. Usus memerlukan makanan yang mengandung serat untuk mengangkut bahan makanan lain dan terbuang melalui feses. Sementara feses adalah buangan dari sisa pencernaan makanan yang zatnya tidak dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme. Bayangkan jika kekurangan serat maka pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik dan menimbulkan beberapa resiko penyakit.

Jenis-jenis Serat

manfaat-serat-bagi-kesehatan
Dokumen Hello sehat com
Serat sendiri terbagi menjadi dua, yaitu serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut air:

  1. Serat larut dalam air adalah jenis serat yang terdapat pada buah dan sayuran berbentuk cairan. Serat ini sangat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam mengatur kadar kolesterol dan juga kadar gula dalam darah. Serat larut yang masuk ke dalam saluran pencernaan dapat membantu perut agar terasa kenyang lebih lama karena memperlambat proses pencernaan. Selain itu jenis serat ini juga membantu menurunkan berat badan. Serat larut dapat ditemukan dalam beberapa jenis buah dan sayuran seperti wortel, kacang-kacangan, gandum, apel, jeruk, dan mentimun.
  2. Serat tidak larut adalah jenis serat yang banyak ditemukan pada sayuran berwarna hijau dan sayuran padat. Serat tidak larut dapat membuat makanan bergerak lebih cepat di dalam usus sehingga membantu membuang sisa makanan yang ada dalam usus. Beberapa jenis makanan yang mengandung serat tidak larut adalah seperti kacang-kacangan, gandum, kembang kol, bayam, brokoli, seledri, wortel, kentang dan kacang hijau.
Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat sangat disarankan oleh ahli gizi dan pakar kesehatan. Serat dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh karena membantu organ-organ tubuh bekerja lebih normal. Sebaliknya apabila kekurangan serat maka akan berakibat fatal pada kesehatan terutama masalah pencernaan.

Berikut ini adalah manfaat serat untuk tubuh:
manfaat-serat-bagi-kesehatan
Dok. Bugarfit.com

1. Menurunkan resiko penyakit jantung


Makanan yang banyak mengandung serat akan membantu tubuh dalam mengelola kesehatan jantung. Hubungan ini ditunjukkan dengan manfaat serat yang akan membantu sistem kerja pencernaan. Pencernaan yang baik akan membuat tubuh bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Selain itu berat badan yang ideal akan menjauhkan diri dari resiko obesitas. Sehingga serat akan membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menjaga kesehatan kulit

Serat yang terdapat pada buah dan sayuran ternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Serat bisa memindahkan berbagai jenis racun, bakteri dan jamur yang berasal dari makanan dan masuk dalam sistem pencernaan. Berbagai jenis racun dan bakteri lain berdampak menurunkan kesehatan kulit seperti menjadi pemicu jerawat dan kulit kusam. Sehingga dengan konsumsi serat akan membantu tubuh dalam memelihara serta kesehatan kulit.

3. Mencegah radang usus

Penyakit radang usus disebabkan karena usus mengalami perlukaan. Peradangan ini dipicu oleh berbagai jenis makanan yang menumpuk pada usus karena tidak keluar menjadi feses. Bakteri dan jamur yang berasal dari makanan akan membuat usus terkontaminasi sehingga menimbulkan reaksi peradangan. Peradangan yang terus terjadi dan tidak mendapatkan pengobatan maka akan menjadi polip. Dengan makan serat maka semua jenis zat makanan yang menumpuk pada usus bisa keluar menjadi feses.

4. Mencegah wasir

Wasir adalah penyakit yang disebabkan karena pembengkakan pembuluh darah yang berada di area dubur/ anus. Hal ini dipicu oleh proses buang air besar yang tidak lancar selain itu mengejan terlalu kuat dan juga menyebabkan peradangan di sekitar dubur. Jika makan serat secara teratur maka usus akan bekerja dengan baik untuk mengolah makanan sehingga proses buang air besar menjadi lebih lancar.

5. Membantu kontrol kadar gula dalam darah

Kadar gula dalam darah akan diatur oleh insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Kadar gula dalam darah didapatkan dari proses pemecahan karbohidrat yang dilakukan oleh sel-sel dalam darah. jika mengkonsumsi serat secara teratur maka dapat menyebabkan proses penyerapan zat makanan oleh organ tubuh dan sel-sel darah menjadi lebih baik. Dengan proses ini maka tidak ada penumpulan gula dalam darah. Kadar gula darah yang normal juga akan membantu kesehatan batu empedu dan menurunkan resiko gangguan ginjal.

6. Menstimulasi gerakan usus

Banyak makan serat bisa meningkatkan sistem gerakan usus dalam mengolah makanan yang masuk ke saluran pencernaan. Serat juga bisa membuat feses menjadi lebih lembut sehingga membuat usus bekerja dengan normal dan tidak terlalu keras. Hal ini juga bisa menurunkan resiko wasir dan mengurangi diare. Serat bisa mengatur kelembutan feses sehingga akan menguatkan seseorang yang sedang diare (buang-buang air).

7. Menurunkan kadar kolesterol

Makanan yang mengandung serat juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang didapatkan dari berbagai jenis makanan yang mengandung lemak akan meningkatkan kolesterol dalam darah. sementara itu kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan resiko penyakit jantung, stroke dan diabetes.

8. Menurunkan resiko diabetes

Diabates tipe 2 disebabkan karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Penyakit ini sering terjadi pada orang yang masuk dalam golongan obesitas (kelebihan berat badan). Konsumsi serat yang teratur membuat tubuh membutuhkan proses yang lebih lama sehingga membuat perut bisa menjadi lebih kenyang. Diet dengan berbagai jenis makanan yang mengandung tinggi serat juga bisa mengurangi asupan kalori sehingga bisa membuat tubuh memiliki kadar gula darah yang normal.

9. Menurunkan risiko kanker

Beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker yang menyerang saluran pencernaan lain disebabkan karena tubuh kekurangan serat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat bisa meningkatkan sistem kerja pencernaan sehingga mengurangi potensi penyakit kanker usus besar, kanker indung telur, kanker rahim dan kanker payudara.

10. Membantu tubuh memperoleh energi

Tubuh kita membutuhkan energi untuk mendapatkan tenaga dan melakukan berbagai jenis aktifitas. Serat adalah salah satu jenis bentuk karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh dan organ saluran pencernaan. Konsumsi serat secara teratur dapat meningkatkan penyerapan energi . Serat bisa menghasilkan energi dengan cara yang lebih ringan sehingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Jumlah Kebutuhan Serat


manfaat-serat-bagi-kesehatan
Sumber: CNI Center

Ada banyak ukuran untuk menentukan jumlah kebutuhan serat yang layak bagi tubuh. Beberapa sumber menyatakan bahwa sebenarnya kita masih kurang dalam mencukupi kebutuhan serat, bahkan biasanya kita hanya mampu memenuhi sekitar 30 % dari total kebutuhan serat. Kebutuhan serat yang layak ditentukan dari kategori usia. Berikut ini ukuran kebutuhan serat yang sesuai dengan kategori usia dan jenis kelaminnya.

Jenis Kelamin
 < 50 Tahun
50 Tahun Lebih
Wanita
25 gram / hari
21 gram / hari
Pria
38 gram / hari 
30 gram / hari

Bahan Makanan dengan Kandungan Serat Tinggi


Ada beberapa jenis makanan yang mengandung serat tinggi dan umumnya dapat dikonsumsi setiap hari. Berikut ini adalah bahan makanan yang masuk dalam rekomendasi beberapa ahli nutrisi dan pakar kesehatan.

  1. Apel

Satu buah apel dengan ukuran sedang mengandung serat sekitar 5 gram. Apel juga buah yang sangat mudah diperoleh dan hampir semua jenis apel mengandung nutrisi dan vitamin yang berpengaruh pada kesehatan. Apel mengandung fitokimia yaitu zat sangat baik untuk menjaga imun (kekebalan tubuh).

  1. Pir

Buah asli yang didatangkan dari negeri Tiongkok ini memang sangat menyegarkan dan penuh dengan air. Dalam satu buah pir berukuran sedang bisa memiliki serat sekitar 5,6 gram. Pir juga mudah diperoleh dan bisa membantu tubuh dalam mengatasi dehidrasi. Baik anak-anak maupun orang tua disarankan untuk mengonsumsi 1 buah pir per hari.

  1. Lobak

Lobak tergolong ke dalam jenis sayuran yang sangat khas. Lobak dengan warna putih sangat cocok untuk dimasak menjadi sayur olahan atau campuran salad. Kalian dapat menggunakan lobak untuk bahan campuran sup atau sajian lain. Dalam satu buah lobak dengan berat sekitar 75 gram bisa mengandung serat sekitar 5,9 gram.

  1. Brokoli
Brokoli adalah sayuran hijau yang penuh dengan serat. Selain menyehatkan ternyata brokoli juga memenuhi kebutuhan serat, mengandung vitamin C, vitamin K dan zat antioksidan. Brokoli biasa diolah dengan mencampurnya dalam sup, salad atau jus. Perlu diketahui setiap 100 gram brokoli mengandung sekitar 3,4 gram serat.

  1. Kubis
Kubis menjadi sayuran yang mengandung serat larut dan serat tidak larut. Meskipun dalam 100 gram kubis hanya mengandung sekitar 1,2 gram serat tapi khasiatnya sangat baik untuk tubuh. Kubis yang sudah dimasak menjadi sup atau bubur bisa membuat pencernaan menjadi lebih baik.

  1. Wortel

Jangan pernah kalah dengan kelinci. Kesenangannya pada wortel membuatnya tak mengenakan kacamata. Kaliam juga dapat mengolah wortel menjadi berbagai macam hidangan lain seperti sup, olahan kue dan langsung diminum baik ketika sudah matang atau yang masih mentah. Di dalam 100 gram wortel ditemukan sekitar 3,2 gram serat.

  1. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran hijau yang kaya dengan serat. Di dalam sekitar 100 gram bayam ditemukan serat sekitar 7,8 gram. Bayam segar yang sudah dimasak sebentar dengan air bisa meningkat asupan seratnya. Sangat disarankan untuk mengolah bayam yang masih segar dan tidak boleh lebih dari 6 jam setelah daunnya dipetik.

manfaat-serat-bagi-kesehatan
Bahan makanan dari biji dan kacang-kacangan/ serealia (dok. infoherbalis.com)
Selain beberapa makanan yang disebutkan tadi, banyak sumber serat lain yang ditemukan dalam berbagai jenis kacang-kacangan, biji-bijian, gandum dan semua jenis makanan yang mengandung serealia. Konsumsi serat secara seimbang dari sumber buah, sayuran dan makanan mengandung karbohidrat sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Meskipun Indonesia menghasilkan aneka ragam sayur dan buah-buahan, konsumsi buah dan sayur masih terbilang rendah dan belum sesuai dengan yang dianjurkan pakar kesehatan. Hasil penelitian riset kesehatan dasar (Riskesdas) pada tahun 2010 menyatakan masih banyak penduduk yang tidak cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sementara data Riskesdas tahun 2013 menemukan sebanyak 93.5% penduduk yang berusia kurang dari 10 tahun mengonsumsi sayuran dan buah-buahan di bawah yang dianjurkan. Padahal konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang.

Blender Duravita Tritan Jar, Dukungan Gaya Hidup Sehat


manfaat-serat-bagi-kesehatan
Sumber: Hasil jepretan Blogger nursaidr.com

Minuman sehat yang kaya serat dan bermanfaat saat ini populer digandrungi oleh masyarakat adalah berupa jus dan smoothies. Dengan mengonsumsi smoothie dan jus ternyata dapat membantu memenuhi kebutuhan serat dari buah dan juga sayuran. Hal ini juga merupakan salah satu strategi, khususnya bagi para ibu rumah tangga yang memiliki anak, untuk mengolah buah dan sayuran dengan cara lebih praktis dan menyenangkan dibandingkan dengan menyajikannya secara langsung.

Phillips Indonesia adalah bagian dari Royal Phillips yang merupakan perusahaan teknologi kesehatan yang berfokus pada peningkatan kehidupan masyarakat melalui inovasi penuhnya. Oleh sebab itu Phillips meluncurkan blender terbarunya, Phillips DuravitaTritan Jar, untuk membantu keluarga Indonesia dapat berkreasi membuat sarapan dan minuman yang sehat dengan cara praktis, mudah dan cepat.

manfaat-serat-bagi-kesehatan
Hasil bidikan Blogger nursaidr.com

Blender ramah anak? Sebutan ini cocok dialamatkan untuk blender terbaru Philips Duravita Tritan Jar. Alasan pertama, blender yang dibanderol dengan harga yang disarankan senilai Rp 800 ribuan ini disisipkan fitur safety lock sehingga lebih aman jika dekat dari jangkauan anak-anak. W
adah Philips Duravita Tritan Jar terbuat dari material Tritan yang diklaim tahan pecah (anti fragile) dibanding plastik atau fiber glass biasa. Hal ini dibuktikan ketika bola bowling yang dibenturkan pada wadah blender tersebut. Benar-benar tahan banting.

manfaat-serat-bagi-kesehatan
Foto Ki-ka: Pihak Philips Indonesia, Dellie, Jensen Ongko (dokpri)

"Tak perlu khawatir lagi pecah kalau disenggol anak sampai jatuh. Lagipula kelebihan lain material Tritan tidak meninggalkan noda atau pun bau yang membekas," kata Head of Personal Health Philips Indonesia yaitu Yongki Sentosa Rabu (11/4) di Jakarta. 
Kelebihan lain dari produk ini ada pada bilah mata pisaunya yang berteknologi Problend 5 yang didukung daya motor kuat hanya dengan daya 350 Watt. Hasil lebih maksimal dengan daya yang lebih hemat Alhasil, proses pelumatan bahan makanan lebih cepat dengan hasil yang lebih lembut.

"Blender ini juga mudah untuk menghancurkan es batu 20 persen lebih cepat ketimbang blender Philips lain. jadi kalau ingin membuat jus campur es batu atau smoothies bakal lebih sempurna," terang Yongki. Lebih jauh, dia menambahkan kehadiran blender terbaru ini merupakan solusi yang ditawarkan Philips untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayuran.

Pada kesempatan kali ini, Phillips menghadirkan pendiri (founder) Lagizi, Jansen Ongko, dan atlet cabang olahraga (cabor) panahan, Dellie Threesyadinda, yang berbagi resep serta tips hidup sehat melalui kebaikan mengonsumsi buah.

Dengan pengolahan yang tepat, buah dan sayuran, merupakan sumber nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan asupan bagi tubuh kita. Jansen mengatakan, “Mengonsumsi buah dan sayur dalam bentuk smoothie atau jus membantu kita dalam mencukupi kebutuhan serat dan vitamin untuk tubuh, sehinga membantu kita menerapkan gaya hidup sehat dengan cara praktis. Supaya smoothie dan jus yang dikonsumsi lebih bermanfaat bagi tubuh, kita perlu mengetahui jenis-jenis dan kandungan buah atau sayuran apa yang cocok untuk dikonsumsi dalam bentuh smoothie maupun jus. 

Dengan begitu kita bisa berkreasi membuat paduan buah dan sayur untuk menghindari rasa bosan.”
Mengenal konsumsi buah dan sayur yang praktis, Dellie Threesyadinda mengatakan, “Bagi seorang atlet, menerapkan gaya hidup sehat merupakan suatu keharusan (mandatory), terlebih saat menjelang pertandingan. Selain menjaga fisik dengan latihan cardio, jogging dan menjaga stamina agar tetap sehat dan bugar, serta mempercepat masa recovery. Dari kecil saya suka mengonsumsi jus atau smoothie, karena enak, praktis dan tidak membosankan.”

manfaat-serat-bagi-kesehatan
Slow Juicer HR 1989 (dokpri)
Pada kesempatan ini, dalam rangka meningkatkan awareness (kesadaran) untuk mengonsumsi jus, Phillips juga kembali memperkenalkan cara pengolahan terbaru dengan slow juicer. Produk yang telah diluncurkan pada akhir tahun 2017, Masticating Slow Juicer HR 1989 dilengkapi dengan teknologi Soft Squeezing mengekstrak sari nutrisi buah dan sayur hingga 80%. Alat ini juga sangat membantu untuk dapat membantu mengambil sari nutrisi dari sayuran atau buah-buahan yang memiliki tekstur serat yang keras seperti wortel atau nenas, sehingga mudah untuk dikonsumsi tanpa harus melakukan proses penyaringan.

Produk-produk peralatan dapur terbaru Phillips dapat ditemukan di toko-toko elektronik seperti: Best Denki, Electronic City, Sogo, Metro dan e-commerce (toko online) seperti Lazada.co.id, JD.ID dan Blibli.com. 

Seperti mengutip kalimat Jansen Ongko, seorang nutrisionis (ahli gizi) di dalam situs Lagizi.com “To maintain good health, the simplest prevention is still better than the best cure.” Yang diartikan bahwa untuk mengelola kesehatan yang baik, pencegahan paling sederhana adalah masih lebih baik daripada pengobatan (penanganan) terbaik.

Yuk rajin makan buah dan sayur setiap hari.
Salam Germas!

Komentar

  1. Jujurnya aku jg susah kalo hrs banyak makan serat. Makanya utk ngakalin, aku lbh suka jus sayur buah supaya rasanya jg lbh enak dimakan :p. Dan dr segi porsi jg cukup. Kalo dimakan gt aja, keseringan porsinya dikit :p

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer