Yuk Tantang Dirimu Berolahraga di Ruang Terbuka Hijau, Ecopark.

Olahraga di ruang terbuka hijau (dokpri)
Sejak memutuskan untuk mantap menjadi freelancer (pekerja lepas) terutama di bidang per blogging an waktu itu ibarat pedang. Mengingat waktu yang lebih leluasa dan fleksibel acapkali membuat diri ini kurang terkontrol apalagi jika sedang menyelesaikan tugas tenggat seketika menjadi abai dan lalai dalam menjalankan hidup sehat. Mulai dari waktu istirahat atau jam tidur yang tidak beraturan termasuk lalai dalam menjaga pola makan yang terbilang berantakan.

Ternyata selama ini tidak hanya penampilan luar saja yang diperhatikan tapi tubuh pun perlu di jaga dari dalam. Salah satunya dengan berolahraga yaitu olahraga lari kini mulai diterapkan sebagai gaya hidup kaum urban milennials.

Lari berlaku bagi siapapun (dok. Mas Ono Blogger)
Kenapa lari jadi pilihan? Sebab lari merupakan olahraga yang murah, mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Olahraga ini unisex, tidak memandang jenis kelamin dan tanpa mengenal usia, jadi siapa saja dapat melakukannya. Belum lagi manfaat lain yang dirasakan seperti memperkuat otot-otot pada bagian kaki dan menyehatkan jantung termasuk melancarkan peredaran darah dan sistem pernapasan kita.

Umumnya, seseorang lebih sering berlari pada pagi atau malam hari. Hal ini dikarenakan suhu udara terbilang cukup bersahabat dibandingkan pada siang hari. Tetapi tahukah kamu selain pilihan waktu ternyata tempat juga ikut berperan dalam membantu mood kita dalam berolahraga.

Mengingat terbatasnya area terbuka di ibukota untuk itulah pemerintah mencanangkan program yang bertujuan untuk memberi kesadaran kepada masyarakat betapa pentingnya hidup sehat dengan berolahraga melalui pemberlakuan hari bebas kendaraan bermotor (car free day) setiap hari Minggu di beberapa tempat mulai dari pagi hingga siang hari.

Jogging track di Ecopark, Ancol
Tapi itu pun belumlah cukup. Hal ini belum memuaskan masyarakat secara sepenuhnya. Ruang terbuka hijau (RTH) menjadi alternatif baru pilihan masyarakat modern saat ini. RPTRA yang dibangun di beberapa tempat lahannya terbilang masih sebatas taman saja dengan fasilitas bermain anak dan minim track untuk berlari.

Tiba-tiba terbesit pertanyaan di dalam hati memang ada ya areal yang memadukan konsep RTH dengan berbagai fasilitas yang super komplit di Jakarta? Selidik punya selidik ternyata ada lho. Dan masyarakat pun belum banyak yang mengetahuinya.

Allianz Ecopark
Yuk ke Ecopark (dokpri)
Allianz sebagai perusahaan asuransi kesehatan yang bagus memikirkan kepentingan banyak orang dengan mengajak nasabah khususnya untuk mulai mementingkan kesehatan mereka bukan dengan menunggu sakit dahulu baru diobati tapi hal ini dapat dicegah dengan menjaga kesehatan yang harus dimulai segera dari sekarang. Bahkan saat ini juga! Bukan nanti dan tanpa kata tapi.

Dalam hal ini Allianz Indonesia terus memantapkan komitmennya untuk memperkuat visi misinya menuju keluarga sehat Indonesia. Salah satu caranya dengan mendorong orang untuk menjalani gaya hidup sehat (healthy lifestyle). Tak tanggung-tanggung setahun belakangan tanpa banyak orang ketahui, Allianz bekerja sama dengan konsep RTH di Ecopark Ancol dan mengubah nama tempat tersebut menjadi Allianz Ecopark yang dipakai selama lima tahun ke depan. Perlu diingat tempat ini bukan hanya diperuntukkan untuk para nasabah saja tetapi juga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat secara luas.

Allianz Ecopark diperuntukkan dari dan untuk khalayak (dokpri)
Pada tahun pertama kemitraan dengan Ecopark ini, Allianz ingin menawarkan Allianz Ecopark sebagai destinasi bagi setiap orang yang ingin memulai gaya hidup sehat dan juga ingin menghabiskan waktu berkualitasnya (quality time) bersama keluarga mereka melalui kegiatan rutin yang dilaksanakan secara reguler di akhir pekan minggu kedua dan keempat setiap bulannya. Allianz juga akan lebih fokus menggelar program tematik setiap 2 bulan yang berhubungan dengan olahraga, kesehatan, budaya, konser ataupun pertunjukkan.

Sepekan yang lalu tepatnya pada tanggal 10 Maret 2017 saya dan beberapa rekan blogger berkesempatan berkunjung ke Ecopark yang berada di utara Jakarta serta mengikuti rangkaian kegiatan yang sedang diadakan oleh Allianz Indonesia ini. Beruntung saat itu kami berkenalan dan mengikuti sesi latihan yang didampingi langsung oleh instruktur sekaligus pelatih Atlet profesional Coach Paulus Pesurnay.

Saya dan beberapa peserta lain saat mengikuti sesi pemanasan dengan Opa Paulus (dok. Mas Ono)
Mulai dari pemanasan (warming up) hingga pendinginan (cooling off) tak satupun yang luput saya lewatkan. Ibarat mesin yang harus dipanaskan terlebih dahulu sama seperti tubuh agar tidak kaget dalam melakukan setiap aktivitas. Lari-lari kecil bolak-balik, jumping dan squat kami lakukan. Agar otot kaki lebih lemas dan kokoh. Kemudian kami pun ditantang untuk berlari tanpa jeda istirahat selama satu putaran track di Ecopark. Di situ kami dan para peserta lain diuji seberapa kuat stamina kita di lapangan.

Track yang dilalui pun terbilang tidaklah mudah. Tidak hanya jalan setapak tapi juga berbatu dan menanjak. Belum lagi kondisi medan aspal yang masih basah tergenang air bekas hujan sisa malam sebelumnya. Setelah latihan usai kami melakukan peregangan dan pendinginan lalu diajari menghitung denyut jantungnya. Jika berdetak secara perlahan berarti kami telah berada dalam kondisi yang mudah stabil.

Setelah melewati running track yang menanjak (dokpri)
Kalau boleh jujur sih saya pun sangat menikmati dan baru kali ini saya memperoleh ilmu dan pengalaman yang tak terlupakan. Seketika saya mengucap syukur ternyata bahagia itu sederhana. Ada kalanya suatu hal yang tidak bisa diukur hanya dari sekedar materi. Bayangkan jika banyak orang yang menyadarinya pasti ikut tertular happy seperti saya.

Allianz Sweat Challenge

Rupanya kegiatan yang saya ikuti tersebut masuk ke dalam rangkaian program Allianz Sweat Challenge. Menurut Karin Zulkarnaen selaku Head of Marketing Management Allianz Life Indonesia, Allianz Sweat Challenge ini merupakan kegiatan untuk memberikan fasilitas bagi berbagai komunitas dan keluarga untuk bergabung secara aktif dan dapat ikut berlatih bersama. 

Program ini akan berlangsung selama setahun. Allianz Sweat Challenge telah dimulai sejak bulan November tahun lalu dan setiap bulannya diadakan kegiatan olahraga yang berbeda-beda dan tentu saja tak kalah serunya.

Jadwal kegiatan Program Allianz Sweat Challenge
Seperti pada Desember tahun lalu telah diadakan Yoga for Beginner, memasuki bulan Januari 2018 diadakan Zumba bersama, latihan Hip Hop di bulan Februari, dan yang paling gress sepekan yang lalu di awal Maret yaitu Running (program lari). Dengan program ini diharapkan masyarakat yang selama ini jarang beraktifitas fisik terutama olahraga bisa memanfaatkan fasilitas seluas-luasnya di areal terbuka hijau dan dapat menghirup udara bebas bersama dengan teman, kerabat atau keluarganya.

Foto bareng dengan Coach Paul (dokpri)

Oh iya sekedar mengingatkan bagi yang tertinggal atau mau bergabung latihan bersama Coach Paulus, kalian masih bisa mengikuti sesi latihannya pekan depan pada tanggal 24 Maret 2018. Untuk pendaftaran kunjungi saja website Allianz Sweat Challenge log on ke www.allianz.co.id/sweatchallenge.

Mari kita bersama-sama memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat!

Salam Germas!
-Sam-

Komentar

  1. Iya niih kudu diboasain lagi lari pagi, asyik ya kalau lari di tempat hijau hijau seger...

    BalasHapus
  2. Olahraga penting banget untuk menjaga kebugaran. Pola hidup sehat adalah investasi di masa tua, ya nggak? Hehe..

    BalasHapus
  3. wah samwise nantangin nih, oke. its on :))

    BalasHapus
  4. Jauh ya di Ancol. Pengen sih ke sana, tapi kyknya malamnya mesti menginap dulu di sana. Jd pagi jogging, siang bisa berwisata, lanjut pulang, semacam piknik tipis2 hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer