Menuju Masyarakat Sehat dengan 3 Pilar "Gerakan Indonesia Sehat"!

Dokumentasi  Pribadi

Dewasa ini angka penyakit yang terjadi di Indonesia meningkat secara tajam. Beberapa di antaranya  terindikasi oleh gangguan kesehatan yang muncul secara tiba-tiba atau belum jelas dengan pasti apa yang menjadi musababnya dan seringkali dianggap sebagai silent killer (pembunuh diam-diam). Pada kenyataannya hal ini justru dipicu oleh penyakit-penyakit yang tidak menular, contohnya seperti penyakit gagal ginjal, jantung, stroke, hipertensi, kolesterol, diabetes dan lain-lain.

Beberapa penelitian medis mengatakan yang menjadi faktor utamanya ternyata adalah pola hidup yang berantakan  terutama gaya hidup sehat (healthy lifestyle). Seperti mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan berlemak, jam istirahat yang berantakan, stres, kebiasaan merokok dan menenggak minuman keras serta malas untuk berolahraga secara rutin.

Mengingat betapa pentingnya arti sehat sebagai pondasi kuatnya suatu bangsa, pemerintah terus berupaya meningkatkan taraf kesehatan terhadap masyarakat melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang telah dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan RI sejak lama.

Tetapi sebagian besar masyarakat Indonesia masih saja beranggapan bahwa gaya hidup sehat itu cukup sulit bahkan  dinilai mahal. Nah, persepsi seperti ini yang harus segera diubah.


Gerakan Indonesia Sehat

Melanjutkan kesuksesan pada tahun 2016, Le Minerale bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengkampanyekan kembali "Gerakan Indonesia Sehat (GIS)" sebagai kepedulian dalam bentuk ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk menjalani pola dan gaya hidup sehat dengan baik dan benar.

Ket: Eat Right, Drink Right dan Move Right (dokpri)
Bapak Febri Satria Hutama, sebagai Marketing Manager RTD Coffee & Water PT Mayora Indah, Tbk. di sela-sela acara Pers Briefing GIS di The Maja, Kamis (23/11) mengatakan, "Sebagai komitmen Le Minerale dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sehat, di tahun ini secara bersama dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) kembali meneguhkan kembali kampanye "Gerakan Indonesia Sehat" dengan tujuan untuk mensosialisasikan pentingnya pemahaman mengenai cara hidup sehat yang benar. Caranya cukup mudah kok dan terbilang menyenangkan. Di dalam program GIS ini cukup dengan menjalankan konsep 3 pilar, yaitu ABC Step; Move Right, Eat Right dan Drink Right.

dr. Ulul Albab SpOG, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga menjelaskan pentingnya penerapan ketiga pilar secara bersamaan bagi kesehatan.

A. Pertama, Eat right. Makan dengan benar. Caranya dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Porsi 1x makan yang ideal (Dokpri)

Porsi ideal satu kali makan terdiri dari 20% lauk pauk, 20% buah, 30% makanan pokok dan 30% sayuran. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayuran bagi setiap orang sebesar 300-400 gram untuk anak balita dan sekitar 400 - 600 gram untuk remaja dan dewasa setiap harinya.

Ket: Ilustrasi Kebutuhan Konsumsi Sayur dan Buah-buahan (dokpri)

B. Kedua, Drink right. Minum dengan benar artinya mengonsumsi air putih yang sesuai. Sesuai dengan pesan IDI tidak berwarna, berbau  dan yang mengandung mineral alami yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu terbantu dengan buah dan sayuran.
"Mau yang jelas air mineral yaa Le Minerale" (dokpri)
Lebih lanjut, dr. Ulul menggarisbawahi pentingnya pilar drink right sebagai faktor dalam menunjang gaya hidup yang sehat bagi setiap orang. Sebagai nutrien yang penting bagi tubuh, asupan air dengan kandungan mineral yang cukup akan sangat berpengaruh terhadap optimalisasi proses kimia dalam tubuh. Untuk mendapatkan jumlah yang cukup, selain dari buah-buahan dan sayuran, para ahli juga menyarankan untuk mengkonsumsi air mineral.

"Untuk memiliki pola hidup yang sehat, setiap individu perlu melakukan olahraga yang cukup dan teratur setiap hari agar tubuh tetap segar dan proses penuaan dini memperlambat. Selanjutnya, menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh pun diperlukan dengan menjamin gizi seimbang untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Yang tidak kalah pentingnya adalah asupan air mineral yang berfungsi sebagai kofaktor dan katalisator bagi kerja organ-organ tubuh manusia." ujar beliau.

C. Ketiga, Move right. Bergerak dengan  benar. Salah satunya dengan berolahraga secara rutin dan teratur.

Sebagai wujud nyata dari kampanye Gerakan Indonesia Sehat (GIS) dari pilar yang ketiga yaitu Move right, tahun ini, Le Minerale akan menggelar "Le Minerale Water Run 2017" pada 26 November 2017 yang bertempat di Fx Sudirman, Jakarta. Untuk semakin mengedepankan pesan gaya hidup sehat di tengah masyarakat Indonesia, Le Minerale Water Run merupakan sebuah ajang  "Fun Run" yang menyelenggarakan 2 konsep yaitu Fun Run 5K dan 2K Family Run.

Di acara Le Minerale Water Run tidak lupa akan dibuka oleh semangat kampanye Gerakan Indonesia Sehat dalam bentuk ceremony dan edukasi untuk mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama berkumpul untuk memulai gaya hidup sehat. Aktivitas ini juga akan dilengkapi dengan kegiatan cek kesehatan gratis oleh pihak IDI untuk para peserta.

Brand Ambassador Le Minerale, dr. Reisa Broto Asmoro pun telah rutin menjalankan gaya hidup sehat di tengah kesibukannya sebagai dokter dan pembawa acara. 
"Melakukan gaya hidup sehat di tengah padatnya rutinitas memang menuntut effort lebih," jelas Reisa. 
Namun, ia terus berusaha untuk menjalankan move right, eat right dan drink right dan selalu menyempatkan diri dengan berolahraga ringan. Saya juga selalu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Terutama dalam kondisinya yang sedang hamil, asupan gizi seimbang sangat penting untuk menjamin nutrisi bagi calon buah hati. Untuk membantu tubuh tetap sehat dan tidak rentan terhadap penyakit, dirinya juga memastikan bahwa air minum yang dikonsumsi mengandung mineral alami yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti Le Minerale.

Tentang Le Minerale



Le Minerale merupakan produk air mineral dalam kemasan yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya, yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Mayora Group. Le Minerale berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih yang  mengandung berbagai macam mineral alami yang baik untuk tubuh. Le Minerale dikemas secara khusus dan disegel untuk mencegah pemalsuan dan menjaga kandungan mineralnya tetap utuh sampai ke tangan masyarakat Indonesia.

Hal ini menjadi tantangan dan tanggung jawab kita bersama untuk mengajak teman, keluarga, dan orang-orang di sekitar untuk memulai gaya hidup sehat yang benar dari sekarang.

Salam Germas. Ayo Sehat!

Untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya, silahkan kunjungi: http://gerakanindonesiasehat.id/

Komentar

Postingan Populer