Platform Berpendapat Ala Opini.id Kini Luncurkan Aplikasi Mobile

Apa itu OPINI?
Deskripsi: dok milik akun Opini.id atas nama Atanasi Rian

Opini.id sudah diperkenalkan sejak Oktober 2014, yang merupakan kombinasi antara platform berita dengan sosial media via laman atau situs web. Sesuai dengan tujuan awal dibentuknya OPINI hadir sebagai tempat berkumpul generasi muda yang memiliki kepedulian yang sama. OPINI didirikan oleh perusahaan PT. Global Visi Media Networks.

Tujuan yang diharapkan OPINI yaitu untuk memudahkan interaksi dan meningkatkan intensitas pengguna (user) dalam berpendapat atau mengeluarkan opini mereka, menulis sebuah artikel hingga melakukan voting atas suatu topik pilihan, baik terkini maupun terpopuler. Dengan begitu interaksi OPINI yang ingin disampaikan antar pengguna akan terbentuk. Apalagi Opini tentu saja menjadi media dalam membagi informasi terkini dalam bentuk foto maupun video.

Aplikasi Mobile Opini.id

Bagai peribahasa lain lubuk lain ilalang, berbeda dari yang dulu apalagi dengan yang sekarang. Mulai dari tahun 2016 perlahan OPINI betransformasi selain merubah identitas aselinya dari yang semula   memiliki warna oranye kemudian berubah menjadi hijau. Selain itu topik dari konten yang dibuat terasa jauh lebih kreatif dan insightful, dapat berupa informasi, video blog (vlog berdurasi singkat) maupun listicle (list article).

Belum cukup sampai di situ kini Opini.id pun melebarkan sayap mempermudah para penggunanya dengan meluncurkan versi berbasis mobile apps. Masih sama seperti situs Opini.id, para penggunanya juga diharuskan mengisi kolom Daftar atau Masuk dengan akun sosial media seperti Facebook atau Twitter terlebih dahulu. Melalui bantuan aplikasi juga berlaku hal yang sama, interaksi yang terjadi antar pengguna dapat berupa memberi tanggapan dengan komentar, opini hingga melakukan voting dalam bentuk memberikan rating dan polling.

Masih segar dalam ingatan beberapa tahun silam saya diundang oleh seorang teman sesama blogger untuk mengikuti beberapa diskusi di kantor OPINI yang beralamat di Wisma 77 gedung II. Kali ketiganya saya beserta rekan-rekan blogger yang lain kembali diundang oleh pihak OPINI untuk mengikuti sesi FDG (Forum Discussion Group) dalam rangka mengumpulkan masukan, aspirasi baik dalam bentuk kritik dan saran serta ide. Dengan harapan feedback dari para pengguna untuk meningkatkan perbaikan mutu user experience pada aplikasinya.

Menulis di Opini.id
Untuk bergabung menjadi anggota Opini.id terbilang mudah. Hanya cukup dengan mendaftar terlebih dahulu melalui akun email atau sosial media seperti Twitter dan Facebook. Jika sudah berhasil dapat melanjutkan untuk memulai menulis. Mulai dengan mengeklik topic dan ikon pensil kita sudah bisa menumpahkan opini kita atau membuat artikel yang menarik. Ada 3 pilihan fitur di bagian konten yaitu voice opinion, create article dan ask the crowd.

Beberapa kelebihan dari aplikasi Opini.id, di antaranya:

  1. Lebih mudah dalam mengunggah (upload) foto, karena belum banyak detail seperti pada aplikasi blog lain, misalnya munculnya keterangan atau deskripsi foto
  2. Adanya pembatasan jumlah karakter dan huruf dalam menulis. Seringkali kita dihadapkan kesulitan untuk menemukan ide atau menyusun kata dalam sebuah kalimat panjang pada banyak paragraf. Khusus bagi para penulis artikel atau blogger pemula seperti saya, Opini.id sangat membantu
  3. Artikel mudah untuk disebarluaskan, tidak hanya akun sosial media seperti tapi juga sosial chat (perpesanan) seperti Whatsapp 
  4. Tetap memiliki keotentikan tersendiri dibandingkan platform citizen journalist lain yang sejenis.

What's New?
Per tanggal 28 Juni 2017 ada beberapa hal baru dari aplikasi Opini.id. Apa saja sih itu?

  • Fitur "Polling Hari Ini" dimana berisikan polling pilihan untuk mengisi hari kalian
  • Setiap topik yang disebar oleh user (pengguna) lain dapat mencantumkan nama kita
  • Mulai bisa menyunting cover topik dan deskripsi topik tersebut.
  • Reset password (kata sandi) dan ubahnya jadi jauh lebih mudah


Penasaran dengan aplikasi Opini.id? Langsung aja diunduh aplikasinya melalui Playstore dan Appstore.
Jika memiliki pertanyaan seputar OPINI dapat menghubungi kontak email (surel) di info@opini.id

Komentar

  1. Baru tahu ada aplikasi berpendapat beginian hahaha
    kece emang ya sekarang semua dibuat platform

    salam kenal Kak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer