Bakso Bom Mas Erwin: Bakso Yang Benar-Benar B.O.M

dok. Bakso Bom Mas Erwin
Fakta tentang Bakso
 
Jika kita mendengar bakso yang terlintas di kepala adalah bentuknya yang bulat dan terbuat dari gumpalan daging yang diremas, tentu saja bagi semua kalangan nama bakso ini sudah sangat familiar. Yep, bakso memang merupakan salah satu ragam kuliner Indonesia yang sangat populer, menyebar mulai dari kota hingga ke pelosok-pelosok desa. Cita rasa bakso sendiri bervariasi, tergantung dari bahan dan resep yang digunakan dari masing-masing pembuatnya.

Sedikit menoleh ke belakang, dilihat dari filosofi sejarahnya bakso ternyata memiliki pencampuran akulturasi kuliner Tionghoa dan Indonesia. Meskipun bakso pada awalnya berasal dari kuliner Tionghoa, tapi faktanya, penjual bakso lebih banyak didominasi oleh masyarakat Jawa, yang umumnya berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah dan Malang. Sebutan istilah bakso Malang sendiri menjadi santer di kalangan pedagang bakso dan menjadi populer di telinga masyarakat. Bakso Malang biasanya disajikan khas dengan variasi mi kuning, tahu, siomay serta pangsit goreng.
Banyak sekali pedagang yang menjajakan bakso Malang, sehingga mudah sekali ditemui di pinggiran jalan dari mulai pikulan hingga masuk ke restoran-restoran. Lama kelamaan menu ini menjadi terlalu biasa (mainstream), cenderung monoton dan pada akhirnya membosankan, sebab menu yang ditawarkan hanya itu-itu lagi.
Bakso Bom Mas Erwin Cabang Blok M (dokpri)

Bakso Bom Mas Erwin
Tetapi tenang yang satu ini dijamin bikin hidup kamu jadi tambah semakin bervariasi. Kebetulan saya beserta rekan-rekan menyambangi sebuah gerai bakso yang diberi nama Bakso Bom Mas Erwin. Kami sengaja mendatangi tempat ini terlebih karena penasaran. Saat itu hari Minggu (9/4) saya bersama dengan Valka, Linda, Winda dan 3 orang teman lain sekitar jam 10 pagi secara khusus memasuki outlet yang baru saja dibuka tersebut dan berkumpul bersama untuk mencoba beberapa menu yang ditawarkan.

Banyak variasi bakso yang bisa kita temukan di sini, didasarkan pada bahan isian serta bentuk dari bakso itu sendiri, beberapa di antaranya adalah Bakso Beranak, Pedas dan Bakso Keju. Bakso Beranak merupakan kreasi bakso berupa gumpalan daging yang lebih besar namun di dalamnya masih diisi berupa gumpalan daging yang berukuran lebih kecil, umumnya terdiri dari 5 buah. Sementara Bakso Pedas itu sendiri campuran daging yang berisikan cabai setelah digigit pedas seperti ranjau. Dan untuk pertama kalinya mengetahui Bakso keju dimana di dalam bakso berisikan keju yang lembut dan gurih saat digigit.
Ragam Variasi Bakso; Beranak, Pedas dan Keju (dok Linda Erlina)
Kenapa diberi nama BOM? Jawabannya singkat, setelah ditelisik awalnya ternyata terinspirasi dari kejadian ledakan Bom di Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat. Gagasan ini muncul dengan harapan menu yang dihadirkan Bom dan semoga usaha bakso yang dimiliki Pak Anke pun semakin Bom. Menjamurnya tren Bakso Beranak tak disia-siakan oleh Pak Anke untuk memanfaatkan peluang tersebut demi memenuhi selera konsumen.
Sebelumnya usaha Bakso Bom ini dibentuk atas prakarsa 3 orang. Adalah beliau Pak Anke Dwi Saputro, sebagai pemilik merek Bakso Bom dan franchisor gerai Bakso Bom Mas Erwin, dimana Erwin yang membantu kegiatan produksi dan mengontrol kualitas bakso dan Eddy Widodo selaku manajer operasional cabang. Hingga akhirnya nama Erwin disepakati sebagai merek tetap Bakso Bom itu sendiri.
 
Rekan-rekan saat menunggu giliran memilih menu (dokpri)

Bagi saya secara pribadi tempat makan atau pilihan kuliner terdiri dari 5 hal penting yang utama, yaitu dari segi Penyajian, Rasa, Harga, Layanan dan juga Suasananya.

Penyajian
 
Mangkok saji Bakso BOM (dok. Linda Erlina)
Poin pertama adalah penyajian. Semua pilihan menu Bakso BOM disajikan dalam wadah berupa mangkuk besar dalam ukuran yang tak biasa dan unik, tidak seperti mangkuk kecil bercap ayam jago yang umumnya orang sering gunakan. Semua bahan yang digunakan terjamin bebas borax, formalin dan tanpa bahan pengawet sedikit pun.

Rasa
Kalau boleh saya memberikan penilaian mengenai rasa Bakso Bom itu sendiri dapat terangkum dalam B.O.M. Apa saja B.O.M itu?

Boleh juga. Sebab porsinya yang pas dijamin bikin kalian puas.

Oke punya. Karena terbuat dari daging sapi aseli pilihan.
Mantap. Karena soal rasanya memang juara, nikmat dan menyegarkan. Pedasnya nampol bikin mata jadi terbelalak.

Komposisi bakso Bom terdiri dari 10 kilogram daging sapi berbanding dengan 1 kilogram tepung. Karena itulah terjamin kehalalan dan kesehatannya. Bakso Bom ini tidak ditambah penyedap rasa berupa msg (monosodium glutamate) atau vetsin. Tidak adanya pemakaian vetsin pada bakso BOM menjadikannya sebagai perintis bakso bergizi dan tentunya menyehatka. Bakso Bom punya cita rasa yang khas. Tekstur bakso bom yang begitu lunak dan lembut, tidak keras dan juga tidak lembek. Pas untuk dimakan dan nyaman untuk dikunyah, malah semakin memanjakan lidah.
 
Harga
Harga Menu Bakso Bom Pedas (dok. Bakso Bom Mas Erwin)

Menu yang paling banyak diminati selain Bakso Beranak adalah Bakso Pedas dan Bakso Keju. Untuk harga satu porsi Bakso Pedas dan Keju mangkok besar sama-sama dibanderol dengan harga Rp 26.000,- saja. Belum termasuk minuman. Tersedia air mineral, teh botol dan minuman jus buah Pulpy Minute Maid.

Harga Menu Bakso Bom Keju (dok. Bakso Bom Mas Erwin)
Layanan
Komunikasi Yang Terjalin Antara Pelanggan dan Pegawai (dokpri)
Dari segi pelayanan benar-benar dijamu dengan baik dan saya sebagai pengunjung sangat terbantu sekali dengan para pelayan dan juru masaknya. Pegawainya ramah-ramah, serba cepat dan cekatan, yang terpenting komunikatif. Hanya saja dikhawatirkan menjelang jam makan siang tidak mendapat tempat dan pelayanan prima, disebabkan para pengunjung yang berbondong-bondong datang menghampiri gerai saat itu. Bagi kamu yang peduli makanan sehat, tak perlu khawatir saus dan kecap yang digunakan di sini adalah aseli dan terjamin aman. Bukan sepuhan apalagi pewarna tekstil yang sering beredar di pasaran. Saus yang digunakan bermerek dua belibis dan kecapnya bermerek Bango yang telah teruji dengan biji kedelai pilihan.

Suasana
 
Sentuhan Seni Pada Dinding Gerai Bakso Bom Mas Erwin (dokpri.)
Suasana outlet saat pagi hari (dokpri.)
Bicara soal suasana selama berkunjung dan menyantap makanan di sana sangat sejuk, nyaman dan terjamin keamanannya. Terlihat pula bersih, luas dan lapang. Hiasan, properti dan cat bernuansa art painting sangat kental terasa pada dinding dengan bangunan yang tematik, sengaja dibiarkan berbatu agar bergaya industrial. Sehingga suasana menjadi sangat menarik untuk diunggah di akun media sosial seperti instagram.

Berkat kegigihan dan keuletan dan bakat yang dimiliki Pak Anke dalam menekuni dunia bisnis hingga saat ini telah berbuah manis, dibuktikan sukses dengan membuka 18 outlet dari 14 cabang yang tersebar di beberapa wilayah, sementara cabang Dapur Blok M, Jalan Melawai Raya ini adalah outlet yang ke 17. Inovasi terus dilakukan oleh Pak Anke tak hanya berlaku untuk menunya saja tapi juga konsep usaha dan beberapa promo yang ditawarkannya sesuai dengan kebutuhan yang semakin memanjakan konsumen.
Promo yang ditawarkan oleh Bakso BOM (dokpri)
Bakso Bom Mas Erwin ini memiliki cabang utama di Taman Galaksi Raya Blok A3, Pekayon Jaya Bekasi Selatan. Saat grand opening (pembukaan pertama kali) di cabang ini menggratiskan sebanyak 100 mangkuk bakso bagi para pengunjungnya. Tak hanya menu bakso dalam paket saja adapula varian lain seperti Mi Yamin dan bakso yang dijual secara satuan. Barangkali jika dalam porsian dirasa kurang atau malah berlebihan, tidak ada salahnya memilih menu ini. Tidak berhenti di situ saja, bagi para Ibu Hamil (Bumil) bisa memiliki keistimewaan atau otoritas untuk makan secara gratis di sini selamanya.
 
Kalau kamu masih penasaran seperti apa sih bentuk Bakso Beranak dan menu lain yang ditawarkan, segera kunjungi cabang Bakso Bom Mas Erwin terdekat di daerahmu ya. Berikut beberapa alamat lengkap beserta narahubung yang bisa kalian hubungi.
  1. BEKASI, TAMAN GALAXY, Jl Taman Galaxy blok H5 (seberang Pegadaian) Pekayon Jaya Bekasi Selatan. CP Edi 0859-2502-2200.
  2. BEKASI RAWALUMBU, Jl Pengasinan Raya, Rawalumbu 4, Kota Bekasi. (dekat Alexandria School). CP Selena 0812-8033-2368.
  3. BEKASI, PONDOK UNGU PERMAI Ruko Marakash B05/05 Pondok Ungu Permai (sejajar dengan Superindo). CP (Iwan) 081293312374.

  4. JAKSEL, TEBET, Jl Tebet Barat Dalam Raya (Sejajar pasar Tebet Barat Raya Samping Dapur Coklat), ( 021) 22983391

  5. JAKTIM, RAWAMANGUN. Jl Pegambiran no 43 Terminal Rawamangun (Seberang Bank Mandiri). CP Andri 0811-7521-883.

  6. JAKTIM. CIBUBUR. Blockbooster Foodcourt Jalan Raya Transyogi Cibubur (Depan Pom Bensin Dekat Save Max).

  7. JONGGOL, CITRA INDAH Ruko Shopping Street SS10. Citra Indah Jonggol, Bogor ( Samping Masjid Raya). CP Jaja 08164617570.

  8. JAKPUS GAMBIR La Patra Cafe, Lobby kantor pusat Pertamina, Jalan Merdeka Timur 1A, Gambir. Jakpus. CP Imron 0811734666.

  9. TANGSEL CILEDUG, Jalan Pemuda no 2, Cipadu, Kreo, Tangerang Selatan. CP Yusuf 08119621355.

  10. TANGSEL, CIPUTAT Ruko blok K Paris Residence jln . WR Supratman no 100 Kampung Utan CIPUTAT ( Depan SUPERINDO). 0811-1009-707 (Dedep)

  11. DEPOK, ASA Foodcourt Jalan Raya Kartini RT. 1 / RW. 9, Depok, Pancoran MAS, Kota Depok, Jawa Barat 16431. CP Edi 0859-2502-2200

  12. CILEGON, Jalan Cibeber Raya, Kavling, Cilegon (dekat Kejaksaan Negeri). CP 0898-9621-645 (Hananto)⁠⁠⁠⁠
Stay Hungry and Always Healthy!
Bakso Bom Mas Erwin
Cabang Dapur Blok M
Alamat: Jalan Melawai Raya No. 42 (berada di seberang Hotel Melawai dan Amoz Cozy)

Titik Gmaps: Bakso Bom Cabang Blok M
Follow dan Like Akun Sosmed Bakso Bom Mas Erwin
Twitter: baksoBOM
Facebook: BaksoBom
Instagram: @Baksobom
Website: www.baksobom.com

    Komentar

    1. wah main kesini juga ya mas, aku juga pernah kesini, enak baksonya.

      BalasHapus
    2. Wah, rasa baksonya bikin ketagihan dan pengen balik lagi ya...mantep deh buat Bakso BOM Mas Erwin ini..Juara..!!

      BalasHapus
    3. enak benar, saya paling suka makan bakso beranak, selain enak juga banyak wk wk

      BalasHapus
    4. Yuk lah ka kita makan lagi hoho

      BalasHapus

    Posting Komentar

    Postingan Populer